Dengar Keluhan Petani, Jokowi Tegur Mendag Karena Impor Bawang Putih Saat Panen

 Presiden Joko Widodo di Temanggung. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo di Temanggung. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo di Temanggung. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo di Temanggung. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Dadali:  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi karena dianggap membuat kebijakan yang merugikan petani bawang putih di Tanah Air. Saat komoditas itu tengah panen besar, Kemendag justru membuka izin impor.
 
"Pak Menteri, ini saya dengan para petani bawang putih di Temanggung. Keluhan mereka semua sama. Pada saat panen, impor justru masuk. Keluhan mereka selalu itu," kata Jokowi kepada Menteri Perdagangan melalui sambungan telepon dilansir Medcom.id, Rabu, 15 Desember 2021.

Baca juga: Jokowi Beri Atensi Khusus, Menteri PPPA: Presiden Instruksikan Pelaku Ditindak Tegas, Korban Dilindungi
 

Kebijakan itu lantas membuat para petani malas menanam karena harga di pasaran langsung anjlok. Menteri Perdagangan pun merespons keluhan tersebut dan akan mengirimkan tim untuk mengecek.

"Saya akan kirim tim untuk mengecek, Pak," jawab Mendag.
 
Kepala Negara dalam kunjungan kerja ke Temanggung, Jawa Tengah, menyempatkan diri berdiskusi dengan para petani. Jokowi ingin mengetahui secara langsung masalah apa saja yang dihadapi mereka di lapangan.



(NAI)

Berita Terkait