Pemkab Bekasi Rilis Aplikasi Bebeli untuk Dukung UMKM

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan (kanan) memimpin rapat koordinasi pembentukan aplikasi toko daring Bebeli di Ruang Rapat Bupati Bekasi, Selasa. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah). Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan (kanan) memimpin rapat koordinasi pembentukan aplikasi toko daring Bebeli di Ruang Rapat Bupati Bekasi, Selasa. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

Kabupaten Bekasi: Bekasi Berani Beli atau “Bebeli” hadir untuk mendukung penggunaan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam negeri. Aplikasi belanja elektronik ini dirilis oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Penjabat (Pj) Bupati Bekasi Dani Ramdan menjelaskan aplikasi ini khusus menyediakan berbagai produk UMKM Kabupaten Bekasi. Bebeli dapat digunakan untuk berbelanja oleh aparatur sipil negara, instansi pemerintahan, swasta, hingga seluruh masyarakat umum. 

Sebanyak 250-300 pelaku usaha kecil binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bekasi telah menyatakan siap bergabung di Bebeli. Penjual di aplikasi toko daring dikelompokkan berdasarkan klaster wilayah kecamatan masing-masing guna memudahkan pengiriman produk. 

Kata Dani, peluncuran Bebeli merupakan tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo yang tertuang dalam Inpres Nomor 2 Tahun 2022 terkait pengadaan barang dan jasa menggunakan produk dalam negeri.

“Sesuai arahan Bapak Presiden untuk meningkatkan pembelian produk dalam Negeri, kita akan kembangkan strategi melalui e-katalog toko daring buatan sendiri yaitu Bebeli,” tutur Dani, dikutip dari Antaranews.com, Rabu, 13 Juli 2022. 

Baca juga: Pelaku UMKM Jabar Diminta Terapkan Gaya Hidup Rendah Karbon

Dani mengaku, sejauh ini, ia telah menginstruksikan seluruh aparatur sipil negara untuk membeli produk UMKM lewat aplikasi tersebut. Dia juga meminta perangkat daerah terkait meningkatkan jumlah penyedia produk yang terdaftar.

“Mulai sekarang dilengkapi barang-barangnya terutama untuk kebutuhan dinas. Jadi, jika sudah lengkap bisa langsung dipergunakan dinas untuk pembelian produk,” ujarnya. 

Ke depannya, Bebeli akan memberikan tawaran menarik, seperti gratis ongkos jasa kirim. Langkah ini diharapkan dapat membuat masyarakat terutama di Kabupaten Bekasi tertarik menggunakan Bebeli untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.



(SUR)

Berita Terkait