Intip 5 Kegiatan Seru Bersama si Kecil di Hari Anak Nasional 2022

Ilustrasi-Freepik Ilustrasi-Freepik

Dadali: Banyak orang tua yang mengatakan bahwa anak merupakan hadiah terindah untuk mewarnai hidup dalam sebuah keluarga. Pastinya bagi orang tua, kebahagiaan anak adalah hal penting dan terutama sehingga untuk pertumbuhan dan perkembangannya akan selalu dicukupi.

Menghabiskan waktu dan melakukan aktivitas bersama orang tua atau keluarga di waktu senggang merupakan salah satu hal yang membuat anak merasa bahagia. Dilansir dari Gaya.id, Sabtu, 23 Juli 2022, ada lima inspirasi aktivitas orang tua dan anak yang dapat dilakukan untuk merayakan Hari Anak Nasional (HAN) pada 23 Juli 2022.

1. Bangun rasa percaya diri dengan memasak bersama

Tak hanya menyenangkan, memasak bersama dapat memberikan banyak manfaat untuk si kecil, salah satunya adalah membangun rasa percaya diri. Ketika orang tua secara aktif melibatkan anak dalam melibatkan proses memasak di rumah, mulai dari menyiapkan alat dan bahan, hingga ikut serta dalam proses pembuatan, anak akan merasa bahwa dirinya dapat dipercaya dan menumbuhkan rasa tanggung jawab.

Saat memasak, berikan si kecil celemek agar terlindung dari cipratan. Buah hati juga akan senang apabila ia terlihat seperti chef karena memakai topi koki.

Setelah memasak, berikan apresiasi pada anak seperti pujian sebagai tanda bahwa Anda menghargai usahanya dan membuat mereka menjadi lebih percaya diri dan dekat dengan kedua orang tuanya.

 

Baca Juga: Peringati Hari Anak Nasional, Camkan 4 Pilar Tumbuh Kembang Ini!

 

2. Membacakan dongeng sebelum tidur untuk mengasah imajinasi anak

Pada malam hari, Anda dapat membacakan dongeng untuk si kecil. Selain manfaat tidur nyenyak, hal ini juga bermanfaat untuk mengasah imajinasi mereka. Dengan dongeng, anak akan membayangkan apa pun yang mungkin tidak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Mereka bisa membayangkan bagaimana seekor hewan dapat berbicara, putri yang tinggal di istana, dan tokoh yang memiliki kekuatan super. Agar lebih seru dan menyenangkan, Anda bisa membacakan dongeng sambil memperagakannya dengan boneka. Karena semakin seru dan menarik cerita dongengnya, akan semakin luas imajinasi anak dapat berkembang.

3. Bermain peran bersama anak untuk mengasah keterampilan bersosialisasi

Mengajak buah hati untuk bermain peran seperti dokter-dokteran, polisi-polisian dapat meningkatkan kemampuan anak dalam bersosialisasi. Tak hanya itu, anak juga dapat mempelajari topik-topik tertentu dan hal baru lainnya.

Jika orang tua ikut bermain peran bersama anak, hal ini akan membuat hubungan anak dan orang tua semakin dekat. Anak akan menggunakan mainan atau boneka untuk dijadikan karakter ketika sedang bermain. Apabila semakin banyak boneka yang ada, maka anak akan lebih banyak menempatkan peran dan menggunakan imajinasinya. Sehingga kemampuan sosialisasi mereka pun akan meningkat.

4. Mengeksplorasi kreativitas dengan membuat proyek seni bersama

Biasanya anak dipenuhi dengan rasa ingin tahu yang besar. Anak akan banyak bertanya tentang bagaimana suatu hal terbentuk atau terjadi.

Maka dari itu, untuk menjawab pertanyaan mereka, orang tua dapat membuat sebuah proyek seni dengan mengombinasikan warna-warna yang ada menjadi warna yang baru ketika melukis atau menggambar.

5. Demi kesehatan, ajak si kecil olahraga bersama

Selain melakukan aktivitas untuk mengasah imajinasi, kreativitas, rasa percaya diri, dan lainnya, penting juga untuk anak menjaga kesehatan mereka. Caranya adalah dengan melakukan olahraga bersama. Seperti bisa dengan mengajak anak untuk bermain sepak bola atau bulu tangkis. Selain itu, jalan atau lari di pagi hari dan sore hari di taman atau sekeliling rumah juga cukup untuk mendorong anak mengeluarkan energinya sambil mengeksplorasi dunia luar.



(SUR)

Berita Terkait