Tertimpa Material Longsor, 1 Orang Meninggal Dunia

Lokasi longsor yang mengakibatkan seorang meninggal dunia di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Minggu (22/1/2023). (ANTARA/Ho BPBD Kabupaten Kuningan) Lokasi longsor yang mengakibatkan seorang meninggal dunia di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Minggu (22/1/2023). (ANTARA/Ho BPBD Kabupaten Kuningan)
Cirebon: Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Indra Bayu Permana menyebut tanah longsor terjadi di beberapa lokasi akibat cuaca buruk pada Minggu, 23 Januari 2023. Satu warga meninggal dunia tertimpa material longsor. 

Korban bernama Nurhayati, 37, warga Desa Kertawirama, Kabupaten Kuningan. Longsor menerjang pada pukul 16.00 WIB setelah hujan deras mengguyur kawasan tersebut sejak pukul 14.00 WIB. 

Longsor terjadi setelah Tembok Penahan Tanah (TPT) roboh. Nahas, korban yang sedang melintas di lokasi setelah menjemput anak mengaji tertimpa tembok.

Korban meninggal saat dievakuasi ke rumah sakit akibat terluka dan sulit bernapas. Indra menyebut TPT yang roboh memiliki panjang 10 meter, tinggi 3 meter, serta ketebalan lebih dari satu meter. 

Kini, tim petugas dan warga sekitar sudah melakukan upaya pembersihan lokasi kejadian, karena material longsor menimpa jalan desa. "Kami terus mendata lokasi yang longsor, karena setelah diguyur hujan dengan intensitas cukup tinggi mengakibatkan daerah yang didominasi perbukitan menyebabkan tanah longsor," ucap Indra, melansir Antaranews.com, Senin, 23 Januari 2023. 



(SUR)