Truk Angkut Orang di Bandung Barat Kecelakaan, 5 Orang Tewas

Kendaraan truk terlibat kecelakaan. (Istimewa) Kendaraan truk terlibat kecelakaan. (Istimewa)

Bandung: Sebanyak lima orang meninggal dunia dalam kecelakaan truk di Jalan Kampung Leuwibudah RT 03/08, Desa Saguling, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, pada Jumat, 26 Januari 2024 sekitar pukul 00.30 WIB. Puluhan penumpang pun mengalami luka-luka dan dilarikan ke beberapa rumah sakit di Kabupaten Bandung Barat dan Kota Bandung.

Berdasarkan keterangan dari Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Sudier, 5 orang yang meninggal sudah dibawa ke rumah duka masing-masing. Sedangkan korban luka-luka dibawa ke Rumah Sakit Hasan Sadikin Kota Bandung sebanyak 13 orang dan 5 orang di Rumah Sakit Cahya Kawaluyaan Kabupaten Bandung Barat.

"Lima orang meninggal dunia, kemudian 11 orang luka berat dan 15 luka ringan. Untuk sementara korban meninggal dunia sudah kami boyong ke rumah, kemudian untuk 13 orang dirawat di Rumah Sakit Hasan Sadikin, lima orang di Rumah Sakit Cahya Kawaluyaan, kemudian empat orang di klinik Asyifa Saguling dan dua orang sudah kembali ke rumah," ujar Sudier dikutip dari Medcom.id pada Jumat, 26 Januari 2024. 

Sudier menjelaskan, truk yang mengangkut masyarakat tersebut hendak pulang ke kawasan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, usai mengikuti pengajian di daerah Cianjur. Namun karena di lokasi kejadian memiliki jalan yang curam, sopir truk tersebut hilang kendali. 


"Sekitar jam setengah satu malam di Jalan Saguling ini kendaraan truk mengangkut warga Citalem, Cipongkor dari arah pengajian dari arah Cianjur mengarah pulang ke Cipongkor. Setiba di TKP, kendaraan yang digunakan oleh identitas belum dilakukan pengecekan seorang sopir lepas kendali, kalau kita lihat kondisi jalan menurun," beber Sudier.


 Truk bak tersebut pun terguling di ruas Jalan Saguling sehingga menelan korban jiwa. Terlebih, kondisi jalan tersebut rusak sehingga sulit bagi sopir truk mengendalikan kendaraan saat melintas.

"Jalan rusak kemudian kendaraan tidak bisa dikendalikan kemudian terguling sehingga ada korban masyarakat yang menumpang di bak terbuka ada yang meninggal, mengalami luka-luka," tandasnya.

Saat ini Polres Cimahi masih melakukan olah tempat kejadian perkara dan mengatur lalu lintas di Jalan Saguling karena kondisi jalan yang curam dan rusak.

Berikut daftar korban meninggal dunia akibat kecelakaan truk di Jalan Saguling:

Sifa Nuraeni, 23, alamat Kampung Cinagrog RT 04 RW 08 Desa Citalem Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat.

Lia, 17, alamat Cinagrog

Aim, 50, pedagang, alamat Cinagrog

Alif, 17, alamat Kampung Cinagrog RT 01 RW 09 Desa Citalem Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat.

Uhin, 27, alamat Kampung Cinagrog RT 01 RW 09 Desa Citalem Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat.



(SUR)

Berita Terkait