Durian Sukabumi Mampu Bersaing di Tingkat Nasional

Wabup Sukabumi Iyos Somantri (paling kanan) bersama unsur Forkopimda Kabupaten Sukabumi menunjukan salah satu varietas durian unggulan Sukabumi. Antara/Aditya Rohman Wabup Sukabumi Iyos Somantri (paling kanan) bersama unsur Forkopimda Kabupaten Sukabumi menunjukan salah satu varietas durian unggulan Sukabumi. Antara/Aditya Rohman

Dadali.id: Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri, mengatakan varietas durian lokal unggulan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mampu bersaing di tingkat nasional. Menurut Iyos, kualitas varietas durian sukabumi setara atau bahkan bisa mengungguli varietas durian dari daerah lain.

"Durian lokal dari Kabupaten Sukabumi memiliki rasa yang manis dan legit, kemudian tekstur daging tebal, warna yang menarik serta aroma yang menggugah selera bagi para pecinta buah durian, ditambah biji yang kecil," kata Iyos dikutip dari Antara, Selasa, 10 Januari 2023.

Menurut Iyos, meskipun belum seterkenal durian Medan, Montong, dan lainnya, tetapi durian unggulan Sukabumi ini sudah banyak diburu oleh para pencinta durian. Banyak yang datang dari berbagai daerah di Indonesia untuk mencicipi kelezatan durian Sukabumi.

Selain itu, lanjutnya, para petani durian di Kabupaten Sukabumi, khususnya di Kecamatan Cikakak, tidak kesulitan dalam memasarkan. Bahkan, durian yang masih berada di pohon atau belum dipanen sudah banyak yang memesan.

Adapun enam varietas durian lokal Sukabumi yang menjadi unggulan dan siap bersaing di tingkat nasional yakni Vanessa, Sibo, Sisultan, Sibugis, Sirusa, Silenggut, dan Sicoklat.

Meskipun durian unggulan Sukabumi itu mudah diserap oleh pasar, tapi Iyos dan pihaknya akan terus melakukan promosi agar bisa lebih dikenal lagi di tingkat nasional atau bahkan internasional.



(SUR)

Berita Terkait