Satu Warga Bandung Positif Covid-19 Varian XBB

Ilustrasi Medcom.id Ilustrasi Medcom.id

Ketua Satgas Harian Covid-19 Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar), Asep Gufron, menyatakan satu orang warga di Kota Bandung terpapar covid-19 varian XBB. Pasien berasal dari Kecamatan Gedebage.

"Kami juga koordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) bahwa sudah ada yang terkena varian baru XBB di Kecamatan Gedebage. Memang hanya satu warga yang terdeteksi terpapar covid-19 varian XBB pada Senin (14 November) lalu," ujar Asep dikutip dari laman Medcom.id, Rabu, 16 November 2022.

Warga tersebut sudah ditangani dan sedang dalam proses pemulihan. Warga tersebut sempat berobat ke puskesmas di wilayah Gedebage. Saat dicek data ke Dinkes Jabar, ternyata warga tersebut ternyata terpapar varian XBB.

"Saya pun mengimbau masyarakat untuk segera melakukan vaksin booster, pasalnya, penyebaran varian XBB lebih cepat daripada varian omicron," terangnya.

Asep tidak mau kasus covid-19 di Bandung kembali melejit seperti saat serangan varian omicron. Saat itu, kasus harian di Bandung mencapai 1.026 kasus.

Sejauh ini, 50,98 persen warga Kota Bandung telah menerima vaksin booster sampai hari ini. Hal itu ditambah dengan sokongan 2000 vial yang baru turun saat ini dapat digunakan oleh 24 ribu warga guna menerima vaksin booster.

"Ini sebagai ikhtiar pemerintah memberikan kesempatan kepada warga untuk vaksin booster untuk bisa mendatangi puskesmas di setiap kecamatan dan gratis," ujarnya.

Menurut Asep, kasus covid di Kota Bandung capai 98.360 orang dengan kasus harian 925 orang. Masyarakat yang sembuh mencapai 95.947 orang dan yang meninggal mencapai 1.484 orang. 

Meningkatnya kasus covid-19 di Kota Bandung, yang ditandai dengan peningkatan BOR sehingga harus ada yang dirawat di rumah sakit. Kasus covid-19 di Bandung kini telah mencapai sekitar di atas 1.000 kasus, penambahan konfirmasi aktif per hari capai 90-100 kasus.

Baca Juga: Covid-19 Varian XBB Terdeteksi di Jabar



(SUR)