Mensos Berikan Bantuan kepada Pengungsi Bencana Longsor di Bogor

Mensos Tri Rismaharini (kedua dari kiri) diwawancara di Gedung Yayasan Rizki Danoe Gordhi di depan Jalan Raya Veteran Kota Bogor, Rabu (12/10/2022) malam. (ANTARA/Linna Susanti) Mensos Tri Rismaharini (kedua dari kiri) diwawancara di Gedung Yayasan Rizki Danoe Gordhi di depan Jalan Raya Veteran Kota Bogor, Rabu (12/10/2022) malam. (ANTARA/Linna Susanti)

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyalurkan bantuan kepada warga yang mengungsi terdampak longsor tebing tinggi di dua lokasi Kota Bogor, Jawa Barat. Bencana ini menerjang kawasan kampung padat penduduk Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. 

Mensos Risma dan rombongan dari Kementerian Sosial mendatangi area longsor sekitar pukul 20.30 WIB, Rabu, 12 Oktober 2022. Ia membawa kasur, makanan siap saji, dan perlengkapan sehari-hari bagi pengungsi. Ia juga menunggu jumlah pasti warga yang terdampak.

“Kita masih menunggu asesmen, karena memang masih labil kondisinya. Kita enggak perlu tahu kondisinya semua seperti apa, makanya tadi saya minta Pak Camat di bawah itu ditarik semua,” kata Risma, dikutip dari Antara, Kamis, 13 Oktober 2022.

Dia menilai langkah penanganan terpenting saat ini ialah memberikan pengungsian yang layak bagi warga terdampak. Penyintas longsor yang sebelumnya mengungsi di musala dekat lokasi kejadian dipindahkan ke Gedung Yayasan Rizki Danoe Gordhi di depan Jalan Raya Veteran.

Pemindahan dilakukan lantaran kondisi di sekitar lokasi kejadian longsor yang masih labil. Risma khawatir kawasan ini masih rawan bencana. Apalagi, lokasi itu juga sudah terjadi dua kali bencana longsor.

Bencana pertama pada Selasa, 11 Oktober 2022, sore hari. Sebanyak 20 orang terdampak longsor di area pemancingan Kampung Cibogor, Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Bogor Tengah. Ada sembilan orang yang tertimbun, dua luka berat, satu orang meninggal dunia, dan sisanya luka ringan.

Kejadian terbaru, Pemerintah Kota Bogor mencatat delapan warga Gang Barjo, Kampung Kebon Jahe, Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Bogor Tengah tertimbun longsor tebing ketika hujan deras pada Rabu, 12 Oktober 2022, sore hari.



(SUR)

Berita Terkait