Jelang Ramadan, Satgas Covid-19 Bogor Berharap PPKM Naik ke Level 1

Wakil Ketua Satgas covid-19 Kota Bogor Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro. Foto: Antara/Linna Susanti Wakil Ketua Satgas covid-19 Kota Bogor Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro. Foto: Antara/Linna Susanti

Bogor: Wakil Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Bogor, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, berharap Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayahnya dari level 2 bisa menurun ke level 1. Menurutnya, status PPKM menjadi pertimbangan kebijakan mobilitas saat Ramadan 2022.

"Akan disesuaikan dengan level yang ditetapkan pusat. Semoga Kota Bogor kembali ke level 1," harap Susatyo, dilansir dari Antara, Senin, 28 Maret 2022.

Kebijakan umum mobilitas masyarakat saat Ramadan akan disampaikan Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, yang juga memangku jabatan Ketua Satgas Covid-19 Kota Bogor. Namun, ada beberapa poin yang telah diumumkan pemerintah pusat.

Baca: Sempat Covid-19, Jojo Tak Sangka Bisa Jejaki Final Swiss Terbuka

Salah satunya, masyarakat boleh mudik Lebaran dengan syarat telah mengikuti vaksinasi kedua hingga booster. Sementara itu, kegiatan ibadah selama Ramadan, seperti tarawih berjamaah, juga mulai diperbolehkan. Aturan seputar ibadah sepanjang Ramadan akan diumumkan kemudian.

Menurut Susatyo, kegiatan masyarakat yang diperbolehkan pun harus tetap mengikuti protokol kesehatan. Dia tidak ingin penyebaran covid-19 itu kembali meningkat pascaramadan dan Lebaran berlalu.

"Pemkot Bogor yang akan mengumumkan aturannya melalui surat edaran. Kami siap menjalankan aturan pemerintah pusat dan menjalankan kebijakan yang sesuai untuk warga Kota Bogor," tutur dia.

Baca: Dalam Sepekan, Kasus Harian Covid-19 Turun 50,33%

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperbolehkan masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik Lebaran telah melengkapi vaksinasi dosis kedua hingga booster. Begitu pula dengan salat Tarawih berjamaah asalkan tetap menaati protokol kesehatan.

Juru bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Adita Irawati, mengatakan instansinya segera berkoordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan untuk menindaklanjuti arahan Jokowi. Di antaranya, Satgas Penanganan Covid-19, kementerian/lembaga, serta unsur terkait lain.



(UWA)

Berita Terkait