Penumpang Penerbangan dari Bandara Kertajati telah Mencapai 49.689 Orang

Suasana aktivitas penumpang di BIJB Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, saat bandara itu beroperasi penuh pada 29 Oktober 2023. (ANTARA/Fathnur Rohman) Suasana aktivitas penumpang di BIJB Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, saat bandara itu beroperasi penuh pada 29 Oktober 2023. (ANTARA/Fathnur Rohman)

Majalengka: Manajemen Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati melaporkan, jumlah penumpang yang menggunakan layanan penerbangan di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, mencapai 49.689 orang selama periode 29 Oktober hingga 27 November 2023.

Direktur Utama (Dirut) PT BIJB, Muhammad Singgih mengatakan, tingginya jumlah penumpang ini menunjukkan antusiasme masyarakat Jawa Barat menggunakan Bandara Kertajati. Bandara tersebut menyediakan penerbangan menuju tujuh rute domestik.

Singgih menekankan bahwa antusiasme ini dapat dilihat dari data load factor atau tingkat keterisian pesawat yang melayani penerbangan komersial di bandara tersebut. Meskipun data ini fluktuatif, rata-rata load factor di BIJB Kertajati per hari sudah mencapai lebih dari 70 persen.

Dirut BIJB optimistis bahwa jumlah penumpang di Bandara Kertajati akan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Dukungan fasilitas dan kemudahan akses ke bandara tersebut menjadi faktor penting dalam meningkatkan minat penumpang.

Dalam upaya meningkatkan peminat, BIJB secara aktif melakukan sosialisasi dan promosi melalui berbagai platform untuk menjangkau pasar baru. Utamanya, untuk masyarakat di Jawa Barat dan Jawa Tengah bagian barat.

"Bandara Kertajati memiliki fasilitas yang sangat memadai untuk mendukung aktivitas penerbangan komersial dan bisa menjadi pilihan utama sebagai pintu destinasi penerbangan di Jawa Barat dan sekitarnya," ungkap Singgih dilansir dari Medcom.id pada Selasa, 28 November 2023.

Sejak beroperasi penuh pada 29 Oktober 2023, Bandara Kertajati telah menjadi pilihan favorit dengan lebih dari 17.000 penumpang per 11 November 2023.  Terdapat tiga rute penerbangan domestik yang menjadi favorit masyarakat seperti Kertajati-Denpasar, Kertajati-Makassar, dan Kertajati-Denpasar. 

Singgih menegaskan komitmen BIJB untuk terus meningkatkan pelayanan demi kenyamanan optimal bagi penumpang di Bandara Kertajati.
 



(SUR)

Berita Terkait