Ketum PSSI: Indonesia Gunakan VAR mulai Februari 2024

oto Arsip - Tim asesmen Mabes Polri memeriksa ruang cctv yang berada di stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (30/12/2022). (ANTARA/HO-Official Persebaya) oto Arsip - Tim asesmen Mabes Polri memeriksa ruang cctv yang berada di stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (30/12/2022). (ANTARA/HO-Official Persebaya)

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengumumkan penggunaan video assistant referee (VAR) untuk Liga 1 Indonesia. Erick menyebut penggunaan teknologi itu diberlakukan mulai Februari 2024 menyusul fasilitas di beberapa stadion telah memenuhi syarat.

"Saya bersama pak wali dan para exco mengecek kembali fasilitas-fasilitas di GBT, Alhamdulillah selesai dan sudah standar FIFA. Untuk liga Insya Allah Februari sudah ada penggunaan VAR, fasilitasnya juga sudah bisa ada di sini," ujar Erick Thohir, dikutip dari Antara, Selasa, 5 Juni 2023. 

Dia mengingatkan kepada seluruh elemen, mulai dari pemerintah daerah hingga para suporter untuk menjaga stadion agar tetap layak dan aman bagi seluruh masyarakat.

Dia menyebut Indonesia masih dalam proses pengawasan FIFA. Keamanan dan kualitas liga Indonesia masih dipantau. Karena itu, dia mengimbau semua pihak, terutama para suporter, tidak euforia seakan-akan sudah bebas dari pantauan FIFA.

"Itu perlu diingat, karena masih ada kerusuhan waktu itu di akhir musim kompetisi, dan 1 Juli besok akan mulai lagi kompetisinya. Jadi Insyaallah kita sama-sama menjaga sepak bola Indonesia," katanya.

Butuh kerja sama

Menurut dia, transformasi sepak bola terutama soal keamanan para penonton usai melihat tim kebanggaannya berlaga  tanpa kerja sama dengan seluruh pihak. Terutama suporter .

Salah satu upaya yang ia lakukan tentu melalui hasil rembuk dari berbagai elemen. Termasuk  juga kepolisian,, dalam periode transisi sesuai dengan surat FIFA ialah tidak boleh hadirnya suporter tamu saat timnya berlaga dalam laga tandang.

"Pertandingan sepak bola di Indonesia sementara hanya didatangi oleh suporter tuan rumah, dan karena ini juga di tahun politik, bahkan kami sudah bicarakan bagaimana keamanannya itu," ucap Erick.


 

(SUR)