Masih Terdampak Pandemi Covid-19, APBD 2022 Kota Bandung Rp5,9 Triliun

Ilustrasi APBD/Medcom.id Ilustrasi APBD/Medcom.id

Dadali: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama DPRD Kota Bandung menetapkan anggaran belanja untuk 2022 sebesar Rp5,9 triliun. Dana itu akan dialokasikan untuk berbagai program seperti ketahanan kota, perbaikan ekonomi, dan reformasi sosial.
 
Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna, terdapat penurunan belanja anggaran pada 2022 dibandingkan 2021. Pasalnya, pada 2021 belanja anggaran Kota Bandung lebih dari Rp6,5 triliun.
 
"Lebih kecil dibandingkan tahun kemarin. Kita tahu sendiri nilai pendapatan kita kemarin masih terganggu karena covid. Kemarin itu DAU (Dana Alokasi Umum) berkurang sekitar Rp51,4 miliar," beber Ema, dilansir Medcom.id, Kamis, 2 Desember 2021.

Ema menuturkan, secara garis besar anggaran tersebut sudah sesuai dengan berbagai kebutuhan program Pemkot Bandung yang tercantum dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk 2022 mendatang.

Baca juga: Cegah Massa Reuni 212 Masuk Jakarta, Jalur Tikus pun Dijaga Ketat
 
"Di RKPD tahun depan itu temanya adalah ketahanan kota, recovery ekonomi dan reformasi sosial. Nah covid dan penanganan lain-lainnya termasuk dalam reformasi sosial," ujarnya.
 
Namun, alokasi anggaran untuk sektor pendidikan lebih besar dibandingkan yang lainnya yakni 21,4 persen dari total anggaran belanja. Hal itu, lanjutnya, sesuai dengan amanat dari Pemerintah Pusat yang mewajibkan mengalokasikan anggaran belanja minimal 20 persen untuk pendidikan.
 
"Untuk pendidikan tetap kita mengutamakan juga sesuai dengan amanat dari pusat. Malahan kita menganggarkan 21,4 persen dari total anggaran, itu sudah lebih dari ketentuan dari pusat," jelasnya.



(NAI)