Yuk, Simak 5 Tips Mengendarai Mobil Saat Musim Hujan

Berkendara di musim hujan perlu memperhatikan hal-hal berikut agar tetap aman dan selamat. V-Kool Berkendara di musim hujan perlu memperhatikan hal-hal berikut agar tetap aman dan selamat. V-Kool

Dadali:  Musim penghujan di Indonesia sudah mulai terasa, akibatnya kondisi jalan menjadi basah, licin hingga rusak. Hal ini membuat kita sebagai pengendara harus lebih berhati-hati dan jeli agar aman dan selamat sampai tujuan.

Jalan yang licin, ditambah rusak berpotensi menyebabkan kecelakaan. Apalagi jika visibilitas yang tak baik dari dalam kabin. Maka dari itu penting untuk memperhatikan kondisi dari kendaraan saat mengendarai mobil.

Dihimpun dari Medcom.id, berikut ini tips berkendara yang aman untuk mencegah terjadinya kecelakaan di musim penghujan:

1. Memastikan tekanan udara ban
Pastikan ban mobil dalam keadaan normal termasuk tekanan udaranya. Ini penting untuk menghindari mobil tidak stabil saat dikemudikan dan membuat kendaraan tergelincir.

Acuan tekanan biasanya terdapat di pilar pintu pengemudi. Jika ban sudah tipis, sebaiknya diganti. Ini mengakibatkan grip berkurang dan pembuangan air jadi minim. Akan mudah pula terjadi aquaplaning (ban tidak menapak saat melalui jalan basah).
 
2. Periksa kondisi semua lampu mobil
Lampu mobil saat hujan jadi media untuk mendeteksi objek yang ada di depan kita, sekaligus memperjelas pandangan pengendara. Cara aman berkendara mobil saat hujan adalah memastikan kondisi semua lampu mobil berfungsi dengan baik.

Adapun lampu yang perlu Anda periksa adalah lampu besar (headlamp) jarak dekat dan jauh, lampu sein, serta lampu darurat. Semua lampu itu punya fungsi masing-masing saat hujan.
 
3. Jaga jarak kendaraan lebih jauh
Saat kondisi hujan, selain licin, konsentrasi tentu menjadi terganggu. Selain itu, jarak pandang juga menjadi terbatas, apalagi saat Anda mengendarai mobil pada malam hari. Kondisi ini membuat Anda harus lebih berhati-hati dalam berkendara.

Biarkan mobil di depan Anda menjauh dengan jarak 20-25 meter dari mobil Anda, atau hingga di luar jarak pandang Anda.

Baca juga:  Jangan Pakai Model Ponco! Ini 4 Bahaya Jas Hujan Model Ini

4. Hindari berkendara di tepi jalanan
Pada musim hujan, jalanan biasanya mudah keropos dan rusak. Sedangkan struktur jalan biasanya juga tidak selalu sama karena makin ke pinggir konturnya makin tidak rata dan mudah rusak. Cara mengantisipasi kondisi jalan seperti ini adalah hindari berkendara di bagian sisi tepi jalan.
 
Bagian pinggir jalan tersebut strukturnya lebih rendah dibanding bagian tengah jalan. Saat kena air hujan dan kondisi jalanan basah, seringkali timbul genangan air apalagi jika hujannya deras.
 
Untuk menghindari genangan air tersebut, pilih bagian tengah jalan karena pada bagian ini biasanya lebih kering.
 
5. Pastikan pandangan jernih
Untuk yang terakhir, cara aman berkendara pada saat hujan adalah dengan memperhatikan jangan sampai pandangan Anda terhalang. Cara yang bisa dilakukan adalah membersihkan kaca mobil di bagian depan dan kaca bagian belakang dari berbagai kotoran yang menempel.

Selain itu juga direkomendasikan untuk menggunakan kaca film dengan tampilan yang bening. Hal ini bertujuan agar ketika hujan pandangan tetap jelas.

Itulah beberapa tips saat berkendara di kala hujan. Walau sudah melakukan lima hal tersebut tetaplah waspada. Semoga bermanfaat.



(NAI)

Berita Terkait