Komnas KIPI Pastikan Vaksin Sinovac Aman Bagi Anak

Ilustrasi Medcom.id. Ilustrasi Medcom.id.

Dadali: Ketua Komisi Nasional Pengkajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Pascaimunisasi (Komnas PP KIPl), Hinky Satari, memastikan vaksin covid-19 buatan Sinovac aman. Ia meminta masyarakat tidak ragu memberikan vaksin covid-19 untuk anak-anaknya.
 
"Yang masih ragu-ragu, belum paham, tolong berikan pengertian, ini (vaksin Sinovac) aman," kata Hingky dilansir dari Media Indonesia, Kamis, 4 November 2021.
 
Hingky menganggap rasa kekhawatiran orang tua wajar. Sebab, mereka masih belum memahami dampak baik vaksin dalam meningkatkan sistem imunitas anak.

Baca: IDAI: Standar Keamanan Vaksinasi Anak Jauh Lebih Tinggi

Menurutnya, jalan terbaik adalah dengan memberikan pemahaman kepada orang tua tentang vaksinasi covid-19 anak. "Telepon orang tua yang sudah mau vaksinasi anak dan tanya bagaimana keadaan anaknya setelah divaksin," saran dia.
 
Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan izin untuk melakukan vaksinasi anak usia 6-12 tahun. Izin ini berdasarkan rujukan hasil penilaian keamanan dan kekebalan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang ditimbulkan terhadap covid-19.



(RAO)