Gita Savitri Bantu Pecahkan Stigma Forever Young di Kalangan Perempuan

Sumber foto: Instagram/@gitasav Sumber foto: Instagram/@gitasav

Dadali: Gita Savitri Devi merupakan sosok wanita yang berkecimpung di dunia konten kreator, penulis blog, dan penulis buku inspiratif. Melalui kanal Youtubenya, Gita berpendapat terkait Mengapa sosok perempuan enggak boleh tua?.

Dia mencoba memberikan analogi sederhana, dengan membandingan aktor dan aktris di Hollywood. 

"Sebagai industri perfilman terbesar, Hollywood itu seksisme dan semakin patriarki. Sehingga perempuan itu diekspektasikan untuk selalu muda. Sementara perempuan yang sudah tua, dianggap kedaluwarsa," kata Gita, lewat akun Youtubenya, Jumat, 6 Agustus 2021.

Sayangnya fenomena itu tidak berlaku bagi aktor laki-laki. Gita menilai kaum adam terus bisa memiliki karir yang cerah di dunia perfilman.

"Mereka (laki-laki) dinilai semakin tua, semakin cakap. Sebab industri ini didominasi oleh laki-laki," tukas Gita.

Narasi forever young bagi perempuan tidak hanya berlaku di kalangan Hollywood, namun sudah melanglang buana. Hal itu membuat sebagian perempuan terkadang takut sampai menolak tua, keriput, dan tumbuh uban.

Menurut wanita kelahiran Palembang itu, media sosial memiliki andil besar dalam menciptakan ekspektasi yang tinggi. Menggiring pemikiran sehingga menjadi minder. 

"Padahal artis yang terlihat muda di media sosial, mereka memiliki uang yang banyak untuk perawatan hingga operasi plastik, membayar personal trainer, dan melakukan botoks. Masalah ini berakar dari seksisme," jelasnya.

Baginya, perempuan harus paham betul bahwa menua itu bukan melulu soal penampilan yang berubah. Tetapi dengan pasang surut apa yang selama ini sudah dilalui oleh masing-masing orang.
 



(RAO)