Bikin Mikir, Mengapa Gerai Indomaret dan Alfamart Selalu Bersebelahan?

blogclubstudy.blogspot.com blogclubstudy.blogspot.com

Dadali: Pernah belanja ke Indomaret atau Alfamart? Kalau iya, harusnya tidak asing jika keduanya selalu ada di lokasi yang sama. Kedua gerai itu nampak selalu berdekatan.

Terkadang hal itu menjadi tanda tanya yang terlintas di pikiran kita. Padahal keduanya berasal dari kelompok usaha dan dimiliki oleh entitas yang berbeda, lho

Agar tidak penasaran lagi, berikut beberapa alasan yang dirangkum dari berbagai sumber agar dapat menjawab kenapa gerai Indomaret dan Alfamart selalu berdekatan.

1. Memiliki keunggulan berbeda

Walaupun sama-sama minimarket, ternyata kedua gerai ini memiliki keunggulan masing-masing. Baik itu dari segi harga produk, kapasitas toko yang luas, parkiran, sistem pelayanan, bahkan promo yang ditawarkan. Semua itu akan menjadi faktor pembeda dan penentu di mata para konsumen.

Baca: Banyak Keringat Saat Olahraga Tanda Lemak Terbakar?

2. Tidak mau kalah

Ibarat sebuah pertandingan, gerai Indomaret dan Alfamart memang sedang bersaing. Mereka berani unjuk taring agar bisa merebut hati konsumen.

Persaingan itu terlihat dari penempatan lokasi kedua gerai yang selalu berdekatan. Artinya, mereka sedang berada dalam duel yang ketat.

3. Membidik pasar yang luas

Pernah mendengar kalimat "Di mana ada penjual, di situ ada pembeli"? Nah, itu adalah strategi marketing yang tidak akan dilewatkan oleh Indomaret dan Alfamart. Mereka akan selalu bersaing sekaligus mengembangkan pasar yang lebih luas.

4. Membangun persepsi konsumen

Konsumen yang datang di salah satu gerai tersebut akan disambut oleh karyawan. Namun sebagai seorang karyawan, mereka akan berusaha membangun persepsi positif kepada konsumen dengan harapan kembali lagi dan menjadi membership.

5. Tidak takut kehabisan konsumen

Bisnis retail menjadi bisnis yang tidak perlu ditakuti untuk kehabisan konsumen. Kebutuhan masyarakat seperti makanan, minuman, sehari-hari, tidak akan mengalami penurunan. 

Semua itu hanya dipengaruhi oleh pendapatan dan gaya hidup. Sehingga itu menjadi alasan Indomaret dan Alfamart tidak takut bersaing di lokasi yang sama, karena mereka tahu pasar yang dituju adalah pasar yang besar.

Itulah alasan mengapa kedua gerai minimarket tersebut selalu berdekatan. Semoga menjawab rasa penasaranmu. Kalau kamu biasanya belanja di gerai yang mana?



(RAO)

Berita Terkait