Diminta Pimpin PSSI, Erick Thohir: Sepakbola Indonesia Harus Berubah Total

Menteri BUMN Erick Thohir menjawab pertanyaan media di Jakarta, Sabtu (3/12/2022). (ANTARA/Shofi Ayudiana) Menteri BUMN Erick Thohir menjawab pertanyaan media di Jakarta, Sabtu (3/12/2022). (ANTARA/Shofi Ayudiana)

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) harus berubah total. Hal itu dilakukan untuk menciptakan ekosistem sepak bola Indonesia yang lebih baik serta meningkatkan prestasi tim nasional.

Hal tersebut disampaikan Erick menanggapi usulan dari sejumlah pihak yang menginginkan dia maju dalam bursa calon ketua umum PSSI. Dia pun menyebut bersedia maju dalam pencalonan, walau tak terang-terangan menolak atau menyatakan bakal maju. 

Dia hanya mempertimbangkan bila mendapat banyak dukungan dari anggota PSSI. Erick pun menyatakan sepakbola Indonesia tidak bisa berubah jika perombakan hanya terjadi di tubuh PSSI.

“Kita mesti bongkar. Itu artinya bongkar kultur, manajemen, sponsorship, media. Media juga jangan beli (hak siar) liga dengan bayaran murah lah. Kalau Liga Inggris bayaran (hak siar) mahal tapi Liga Indonesia murah,” ujar Erick dikutip dari Antara, Minggu, 4 Desember 2022. 

Erick  juga menyinggung terkait banyaknya pemain naturalisasi di dalam klub sepak bola Indonesia. Padahal seharusnya klub bisa mulai mengasah kemampuan para pemain muda.

“Saya bukan tidak suka naturalisasi tapi apabila satu klub pemain naturalisasinya banyak bagaimana. Kami tidak menyalahkan klub, tapi kami harus duduk bersama klub, menerapkan strategi agar ada pemain muda, pemain naturalisasi dan pemain asing,” ujar Erick.

Baca Juga: PSSI Harap Pemerintah Kembali Izinkan Liga 1 2022/2023 Digelar



(SUR)

Berita Terkait