Kejar Target, Dinkes Cianjur Gelar Vaksinasi Massal

Pusat Layanan Kesehatan di Cianjur, Jawa Barat, tetap memberikan pelayanan vaksinasi pada saat hari libur, sebagai upaya mencapai target vaksinasi 100 persen. Foto: Antara/Ahmad Fikri Pusat Layanan Kesehatan di Cianjur, Jawa Barat, tetap memberikan pelayanan vaksinasi pada saat hari libur, sebagai upaya mencapai target vaksinasi 100 persen. Foto: Antara/Ahmad Fikri

Cianjur: Dinas Kesehatan (Dinkes) Cianjur mengejar target vaksinasi dosis pertama dan kedua hingga akhir Maret 2022. Untuk itu, pihaknya menggencarkan vaksinasi massal di wilayah Cianjur, Jawa Barat.

"Target kami untuk vaksinasi dosis pertama dapat tuntas 100 persen atau 1,9 juta penerima dan dosis kedua dapat tuntas 90 persen di akhir Maret," jelas Kepala Dinkes Cianjur, Irvan Nur Fauzy, dikutip dari Antara, Selasa, 1 Maret 2022.

Selama tiga bulan terakhir, vaksinasi berbagai kalangan terus digencarkan termasuk untuk dosis ketiga atau booster bagi kelompok lanjut usia (lansia). Saat ini, persentase vaksin booster mencapai 60 persen dari target 200 ribu penerima.

Baca: Kabar Gembira! Kasus Harian Covid-19 di Kota Bandung Mulai Turun

Irvan meminta kepada pusat layanan kesehatan yang ada di tingkat kecamatan hingga desa untuk tetap memberikan pelayanan vaksinasi meski hari libur. Selain itu, melakukan vaksinasi dari pintu ke pintu (door to door) bagi wilayah yang capaian angka vaksinasinya masih rendah khususnya di wilayah selatan Cianjur

Sementara Wakil Bupati Cianjur, TB Mulyana Syahrudin, mengatakan pihaknya merasa terbantu dengan adanya sentra vaksinasi Persisi Polres Cianjur. Ia mengupayakan untuk terus berkoordinasi dengan berbagai kalangan guna mengejar target vaksinasi.

"Kami akan terus menjalin kerja sama dengan berbagai kalangan agar vaksinasi lengkap tercapai 100 persen di akhir Maret. Termasuk vaksinasi penguat (booster) untuk lansia yang masih rendah dan diupayakan akhir bulan ini tercapai hingga 80 persen," terang dia.

Baca: PWNU Jabar Sosialisasikan Edaran Menag Soal Pengeras Suara di Masjid

Mulyana mengimbau kepada warga yang sudah mendapatkan vaksinasi lengkap tetap menggunakan protokol kesehatan (prokes) saat beraktivitas di luar rumah. Tujuannya, untuk menghindari paparan virus covid-19 terutama varian omicron yang mulai menyebar di Cianjur.



(UWA)

Berita Terkait