12 Hari Beroperasi, Kereta Panoramic Sudah Layani 1.613 Penumpang

Ilustrasi suasana di dalam Kereta Panoramic yang dikelola oleh KAI Wisata. (PT KAI) Ilustrasi suasana di dalam Kereta Panoramic yang dikelola oleh KAI Wisata. (PT KAI)

Dadali.id: PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi mulai mengoperasikan Kereta Panoramic pada 24 Desember 2022. PT KAI mencatat telah melayani 1.613 penumpang Kereta Panoramic hingga Kamis, 5 Januari 2023.

“KAI menyampaikan apresiasi kepada seluruh pelanggan yang telah memanfaatkan kereta panoramic sebagai pilihan dalam bertransportasi. Melihat pemandangan alam melalui jendela kereta panoramic menjadi salah satu nilai tambah,” kata VP Public Relations KAI, Joni Martinus, dikutip dari Antara, Kamis, 5 Januari 2022.

Menurut Joni, masyarakat sangat antusias mencoba layanan terbaru KAI ini. Sejak awal beroperasi, rata-rata penumpang Kereta Panoramic per hari mencapai 85 persen kapasitas. 

Tanggal perjalanan volume tertinggi Kereta Panoramic tercatat pada 29 Desember 2022. Kapasitas Kereta Panoramic terisi penuh.

Dilansir situs KAI, Kereta Panoramic adalah kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama. Kereta Panoramic ini merupakan inovasi terbaru dari KAI dan merupakan yang pertama di Indonesia.

Kereta ini memiliki jendela dengan ukuran sangat besar di kedua sisinya dan atap kaca memanjang dari depan hingga belakang yang dapat dibuka tutup secara otomatis. Kaca yang besar itu memungkinkan penumpang dapat menikmati panorama sepanjang perjalanan.

Adapun rute yang dilayani kereta ini yakni Gambir-Yogyakarta dan sebaliknya. Rute Kereta Panoramic diawali dari Stasiun Gambir, Cirebon, Purwokerto, Kroya, Kebumen, Kutoarjo, dan terakhir di Yogyakarta. Total waktu perjalanan yang ditempuh sekitar 7-8 jam.

Adapun harga tiket Kereta Panoramic ini mulai dari Rp750.000 selama masa promo, dan bisa dibeli melalui seluruh channel penjualan resmi KAI. Namun, Kereta Panoramic dijadwalkan hanya beroperasi sampai tanggal 8 Januari 2023.



(SUR)

Berita Terkait