Mengapa Mata Manusia Terbuka Saat Sakaratul Maut?

Ilustrasi Medcom.id. Ilustrasi Medcom.id.

Dadali: Setiap umat manusia pasti akan berjumpa dengan proses kematian atau sakaratul maut. Meskipun, manusia tidak akan mengetahui kapan batas hidupnya akan berakhir.

Namun, pernahkah terlintas saat melihat orang yang tengah sekarat justru membuka mata bahkan sampai melotot? Mengapa demikian?

Melansir dari berbagai sumber, Ustaz Abdul Somad, menjelaskan ketika nyawa seseorang dicabut maka rohnya akan keluar melalui kepala. Sehingga ia terkejut saat melihat keluarnya roh dan membuat matanya melotot.

Penjelasan itu juga ada di dalam sebuah hadis.

"Apabila kamu menghadiri kematian seseorang. Maka pejamkanlah mata si mati, karena matanya mengikuti rohnya," (Sunan Ibnu Majah: 144)

Baca: Saat Haid Harus Kumpulkan Rambut yang Rontok, Benarkah?

Apalagi, dijelaskan sakaratul maut ini sangat berat. Terutama bagi orang-orang zalim dan kufur kepada Allah SWT.

“Alangkah dahsyatnya sekiranya kamu melihat di waktu orang-orang yang zalim (berada) dalam tekanan-tekanan sakaratul maut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya, (sambil berkata): “Keluarkan nyawamu”. Di hari ini kamu dibalas dengan siksaan yang sangat menghinakan, karena kamu selalu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan (karena) kamu selalu menyombongkan diri terhadap ayat-ayat Nya” (QS. Al An’am: 93)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Sakaratul maut itu sakitnya sama dengan tusukan tiga ratus pedang” (HR Tirmidzi).



(RAO)

Berita Terkait