Yuk Eksplorasi Kecerdasan Anak dengan Bermain Sensory Play

Ilustrasi-Pexels Ilustrasi-Pexels

Dadali: Bermain menjadi aktivitas yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak.  Aktivitas bermain tidak hanya membuatnya senang, tetapi juga dapat melatih kecerdasan anak.

Penting bagi si kecil untuk mengeksplor kelima inderanya. Seperti menyentuh atau memasukkan benda ke dalam mulutnya. Dengan perlahan, ia akan mengenali tesktur dan bentuk yang dapat menstimulasi lima indera tersebut.

Salah satunya dengan sensory play yang dapat memberikan sejuta manfaat bagi anak. Sensory play merupakan permainan yang melibatkan dan merangsang kecerdasan anak.

Apa saja manfaat sensory play pada anak? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Membantu perkembangan kognitif anak

Melansir berbagai sumber, dalam perkembangan anak diperlukan stimulasi dan pengalaman untuk mendukung perkembangan kognitifnya. Dengan sensory play, anak akan mendapatkan berbagai informasi baru yang disimpan di dalam otaknya.

Memori itulah yang akan dipakai lagi kemudian hari. Ketika anak bermain sensory play, jaringan sel-sel otak anak yang baru akan terbentuk.

2. Membantu anak belajar fokus

Saat anak bermain sensory play, ia akan belajar memilah informasi mana yang berguna dan mana yang tidak. Contohnya, memilah suara yang tidak penting dan tetap fokus dengan aktivitas bermain yang sedang dilakukannya.

3. Aktivitas yang dapat membuat anak tenang

Rasa bosan dan resah yang dialami anak perlahan menghilang saat ia bermain sensory play. Misalnya, bermain pasir atau gelembung sabun yang mengalihkan perhatiannya sehingga menjadi lebih tenang.

4. Mendorong kemampuan berpikir 

Salah satunya, bermain dengan pasir yang dicetak dapat melatih kemampuan berpikir anak. Sebab ia akan mencari solusi agar pasir tersebut tidak hancur saat dikeluarkan dari cetakan.

Yuk pastikan si kecil mendapat kesempatan bermain. Bantu agar ia memiliki tumbuh kembang yang optimal. (Raissa Oktaviani)
 



(RAO)