Pemkot Bandung Hentikan PTM di 12 Sekolah, Ini Daftarnya

 Ilustrasi. Vaksinasi pelajar di Sulsel oleh BIN. (Istimewa) Ilustrasi. Vaksinasi pelajar di Sulsel oleh BIN. (Istimewa)

Dadali: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat, menghentikan sementara pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di 12 sekolah. Sebab, terdapat banyak warga sekolah yang dinyatakan positif covid-19.
 
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mencatat, dari 2.179 sampel tes swab polymerase chain reaction (PCR) yang dilakukan acak kepada murid dan guru di sejumlah sekolah beberapa waktu lalu, hasilnya, sebanyak 84 orang terpapar covid-19.
 
Ema mengatakan, penghentian PTM lantaran terdapat lima persen lebih jumlah murid dan guru di suatu sekolah yang terpapar covid-19. Sehingga PTM terbatas harus disetop.

Lebih lanjut Ema menuturkan, jumlah sekolah yang PTM terbatasnya dihentikan sementara bisa saja bertambah. Hal itu menyusul pengetesan covid-19 kepada siswa dan guru yang hingga kini masih berlangsung. 

Baca juga: Gempa Bumi Guncang Salatiga, Banyubiru dan Ambarawa
 
Apabila jumlah kasus positifnya terus bertambah, lanjut Ema, akan ada tindakan serius yang diambil Pemkot Bandung. Meskipun dalam buku pedoman, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 dengan Puskesmas setempat langsung melakukan pelacakan (tracing).
 
"Kalau trennya walaupun tidak diharapkan itu kembali memburuk. PTM bisa saja diberhentikan lagi dan kembali ke PJJ (pembelajaran jarak jauh). Ya bisa saja, tapi kan jangan berandai-andai dulu," sahut Ema.
 
Ema pun mengingatkan orang tua murid serta masyarakat luas untuk tetap disiplin protokol kesehatan. Selain itu, ia mengajak kepada masyarakat jangan ragu untuk memeriksakan diri apabila jika mengalami gejala mirip covid-19. 
 
"Jangan ragu melaporkan, memeriksa diri, kalau merasakan sesuatu. Covid-19 bukan aib, justru kalau kita diam itu bahaya. Karena ini mayoritas tanpa gejala," jelasnya.

Berikut daftar sekolah yang diberhentikan PTM:

  1. SMK 5 Bandung

  2. SMP Pelita

  3. SD Yas

  4. SD Ibnu Taimiyah

  5. SLB Sumber Sari

  6. SMK Buana Karya

  7. SMKN 6 Bandung

  8. SD Leuwi Panjang

  9. SDN Pabaki 019

  10. SD 262 Panyileukan

  11. SD 02 Cihampelas

  12. SMA Pasundan 2 Dago 



(RAO)

Berita Terkait