Buntut Kasus Kerusakan Lahan di Bandung, Pengelola Ranca Upas Dicopot

Warga memantau kerusakan lingkungan yang terjadi di kawasan wisata Rancaupas, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi) Warga memantau kerusakan lingkungan yang terjadi di kawasan wisata Rancaupas, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Bandung: PT Perhutani Alam Wisata (Palawi) mencopot manajer pengelola kawasan wisata Ranca Upas, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pencopotan tersebut dilakukan akibat adanya kerusakan lahan yang disebabkan kegiatan motor trail.

"Pengelola di situ kami tarik, kami ganti," kata Direktur Utama PT Palawi, Lucy Mardiana dikutip dari Antaranews, Selasa, 14 Maret 2023.

Lucy tidak menyebut secara rinci identitas dari manajer tersebut. Menurut dia, pencopotan itu dilakukan sebagai bentuk langkah tegas atas kerusakan yang ditimbulkan.

Manajer tersebut dinilai berkoordinasi secara aktif dengan panitia hingga jalannya acara motor trail menimbulkan kerusakan lingkungan. Oleh karena itu, ia harus bertanggung jawab atas apa yang terjadi. 

"Sehingga kami tarik, tempatkan sementara di kantor (PT Perhutani Divre Jawa Barat dan Banten)," sambungnya.

Selain mencopot manajer, kawasan wisata Kampung Cai Ranca Upas juga ditutup sementara sejak Rabu, 8 Maret 2023. Penutupan itu dilakukan untuk memulihkan area yang mengalami kerusakan.

"Sejalan dengan surat dari induk Perhutani, kami melarang semua jenis kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerusakan lingkungan, termasuk dari offroad roda empat atau roda dua," tegasnya



(UWA)