Pemkab Garut Berani Garansi Stok Hewan saat Iduladha Aman

Peternakan sapi di Kabupaten Garut, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Diskominfo Garut) Peternakan sapi di Kabupaten Garut, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Diskominfo Garut)
Dadali: Meski dilanda wabah penyakit mulut dan kuku (PMK), stok hewan ternak untuk Idul Adha di Garut, Jawa Barat, dinyatakan aman. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perikanan, Peternakan, dan Kelautan (Disnakanla) Kabupaten Garut, Sofyan Yani.

 

"Untuk sementara ketersediaan masih aman" ujar Sofyan dilansir dari Antara, Selasa, 17 Mei 2022.

 

Sofyan mengatakan ketersediaan hewan kurban untuk jenis sapi sebanyak 3.170 ekor. Kemudian, 11.512 ekor jenis domba dan kambing tersebar di sejumlah peternakan di Garut.

 

Terkait wabah PMK melanda hewan ternak, saat ini tim kesehatan hewan Disnakanla Garut sudah terjun ke lapangan guna memeriksa kesehatan semua hewan ternak. Hingga saat ini sebanyak 709 ekor sapi dan domba sudah menjalani pemeriksaan.

 

Hasilnya, sebanyak 517 ekor mengalami sakit, namun 340 ekor sudah diobati. Meski demikian ada enam ekor yang harus mati dan 19 lainnya dipotong paksa.

 

"Untuk domba, dari 55 ekor itu, 25 ekor dinyatakan sakit mengarah PMK, seekor mati dan pengobatan enam ekor," kata Sofyan.



(UWA)

Berita Terkait