IDI Kota Bogor Latih 150 Dokter Umum Cegah Stunting

Ketua IDI Kota Bogor Dr Ilham Chaidir bersama Wakil Wali Kota Bogor Dedie A.Racim saat acara pelatihan cegah kekerdilan bagi 150 dokter umum yang bekerja di faskes tingkat pertama, di IPB International Convention Center (IICC), Mal Botani Square, Kota Bog Ketua IDI Kota Bogor Dr Ilham Chaidir bersama Wakil Wali Kota Bogor Dedie A.Racim saat acara pelatihan cegah kekerdilan bagi 150 dokter umum yang bekerja di faskes tingkat pertama, di IPB International Convention Center (IICC), Mal Botani Square, Kota Bog
Bogor: Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Bogor menggelar pelatihan pencegahan kekerdilan pada anak. Pelatihan ini diikuti 150 dokter umum fasilitas kesehatan tingkat pertama di enam kota dan kabupaten Provinsi Jawa Barat.

Mereka yang tergabung dalam IDI wilayah IV Jawa Barat mendapat pelatihan di IPB International Convention Center (IICC), Mal Botani Square, Kota Bogor, pada Kamis, 30 Juni 2022. 

“Mereka dilatih oleh instruktur yang merupakan guru besar dari IDAI,” kata Ketua IDI Kota Bogor Ilham Chaidir.

Melansir dari Antara, Ilham mengatakan ratusan dokter itu dilatih untuk memiliki keterampilan diagnosa dan faktor-faktor penyebab kekerdilan hingga alur sistem rujukan penanganannya. Pelatihan ini juga bentuk upaya mendukung program Jabar zero stunting.

Menurutnya, dokter umum di klinik dan Puskesmas menjadi garda terdepan untuk menyebarkan informasi pencegahan kekerdilan di masyarakat, mengingat kekerdilan kerap tidak terdeteksi.

Ilham berharap, pelatihan ini dapat menjadi agen perubahan perilaku, motor penggerak peduli kekerdilan, serta dapat menyebarkan pengetahuan dan keterampilan kepada tenaga-tenaga kesehatan di wilayahnya.

Selain itu, mereka diharapkan menguasai cara pengukuran antropometri, intervensi aplikatif sederhana penanganan, pengetahuan tentang gizi pada kekerdilan, alur dan sistem rujukan penanganan kekerdilan dan promosi kesehatan cegah kekerdilan. 

(UWA)

Berita Terkait