Rumah Tertimbun Longsor di Sukabumi, 1 Warga Tewas 1 Luka Berat

Tim SAR gabungan saat melakukan evakuasi korban tertimbun longsor di Kampung Cibunar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (23/10/2022). (ANTARA/Aditya Rohman) Tim SAR gabungan saat melakukan evakuasi korban tertimbun longsor di Kampung Cibunar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (23/10/2022). (ANTARA/Aditya Rohman)

Tebing di Kampung Cibunar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, longsor dan menimbun rumah warga pada Minggu, 23 Oktober 2022. Sebanyak satu rumah rusak berat, bapak dan anak penghuni rumah ikut tertimbun longsor.

"Dua korban yang tertimbun longsor tersebut yakni Yayan, 47, dan M Fauzi, 19,” kata Sub Koordinator Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Medi Abdul Hakim, dikutip dari Antara, Minggu, 23 Oktober 2022. 

Fauzi sempat dinyatakan hilang saat kejadian. Tim SAR gabungan bersama warga sekitar berhasil menemukan Fauzi dalam keadaan tak bernyawa.

Sementara itu, Yayan berhasil diselamatkan tim SAR gabungan dengan kondisi luka berat. Dia langsung dievakuasi ke RSUD Sekarwangi Cibadak, Kabupaten Sukabumi untuk mendapatkan perawatan intensif. 

“Jenazah Fauzi berada di RSUD Sekarwangi, masih menunggu pihak keluarga untuk menjemput,” kata Medi.

Tebing di belakang rumah korban longsor usai hujan mengguyur Kampung Cibunar pada Minggu dini hari. Diduga tebing tanah setinggi tujuh meter itu memang berada dalam kondisi labil.

Awalnya, warga sekitar tidak mengetahui adanya longsor. Namun, setelah mendengar teriakan berulang kali dari Yayan, warga kemudian terbangun dan melihat rumah korban kondisinya sudah tertimbun longsor.

Warga segera menghubungi Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kadudampit dan memberikan bantuan dengan alat seadanya.

Medi mengatakan hingga saat ini pihaknya bersama relawan lain masih berada di lokasi untuk melakukan pendataan kerugian akibat bencana tersebut. 

BACA: Jasad Mahasiswa IPB Terseret Banjir di Bogor Ditemukan di Jakarta Barat
 

(SUR)