Pemerintah Optimis Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi 2023

Pekerja berjalan ditengah rel pada proyek pembangunan Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (18/7/2022). Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, hingga Juni 2022 pr Pekerja berjalan ditengah rel pada proyek pembangunan Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (18/7/2022). Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, hingga Juni 2022 pr

Dadali: Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Wahyu Utomo, mengatakan pemerintah optimistis kereta cepat Jakarta-Bandung dapat mulai beroperasi pada 2023.

"Kami yakin kereta cepat segera bisa beroperasi, mudah-mudahan di tahun depan," kata Wahyu Utomo dikutip dari Antara, Rabu, 27 Juli 2022.

Pihaknya bersama Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi saat ini terus mengawasi ketat proyek ini. Pasalnya, proyek ini menjadi salah satu tujuan dari kunjungan Presiden Tiongkok, Xi Jinping, saat KTT G20 di Indonesia pada November 2022 nanti.

"Yang mungkin sedang dikerjakan saat ini adalah yang di deponya itu. Stasiun-stasiun juga sudah mulai dikerjakan," kata Wahyu. 

Sebelumnya, Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, Lu Kang, mengatakan kemajuan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung penting bagi hubungan diplomatik antara Tiongkok dengan Indonesia.

"Ini adalah suatu kemajuan bagi kita semua. Kereta cepat Jakarta-Bandung adalah proyek penting bagi hubungan diplomatik Indonesia-Tiongkok dan proyek pembangunan one the on road," katanya  saat meninjau proyek terowongan tunnel 2 kereta cepat di Purwakarta. 

Lu Kang menyampaikan bahwa proyek tunnel 2 merupakan terowongan yang memiliki tingkat kesulitan paling tinggi. Namun, berkat kerja sama yang baik tantangan tersebut dapat diselesaikan bersama.  

Ia juga mengungkapkan bahwa Presiden Indonesia, Joko Widodo, dan Presiden Xi Jinping, sangat memperhatikan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Setiap kali berkomunikasi, mereka selalu membahas proyek ini.



(SUR)

Berita Terkait