Cegah Mata Kering, Inilah 5 Tips Menjaga Mata saat Mengendarai Motor

Tips menjaga mata saat mengendarai motor. Foto: Pexels Tips menjaga mata saat mengendarai motor. Foto: Pexels

Mata kering menjadi salah satu risiko yang mungkin sering dialami saat berkendara, terutama bagi pengguna sepeda motor. Debu dan kotoran dari udara kerap masuk ke dalam mata.

Beberapa gejala bisa muncul jika mata kering, seperti rasa mengganjal, mata mudah merah berulang, berair, terasa perih, dan sensasi gatal yang memicu untuk mengucek mata.

Masalah mata kering bukan hanya mengganggu, tetapi juga dapat membahayakan keselamatan berkendara. Lantas, bagaimana membuat mata tetap aman ketika mengendarai motor? 

Melansir Medcom, berikut ini tips menjaga mata tetap aman ketika berkendara dengan motor:

1. Menggunakan helm full face

Menggunakan helm full face akan membantu mengurangi paparan polusi, debu, dan benda-benda kecil lainnya langsung mengenai mata. Menggunakan helm full face saat berkendara juga membantu mengurangi risiko mata kering dan merah akibat air mata menguap ditiup angin.

2. Hindari menggunakan lensa kontak saat berkendara

Saat berkendara hindari menggunakan lensa kontak. Pasalnya mata akan lebih mudah kering saat tertiup angin. Sementara itu, memakai lensa kontak memaksa kondisi mata harus tetap lembab.

Jika kelembapan mata tak dijaga, iritasi mudah terjadi. Sobat sebaiknya menggunakan kacamata atau kacamata hitam yang menawarkan perlindungan sinar UV dan terpaan angin.

3. Gunakan tetes mata

Tetes mata merupakan cara yang paling umum untuk mencegah mata merah dan kering saat berkendara. Jangan lupa untuk membeli tetes mata sesuai dengan kebutuhan dan selalu membawanya sebagai salah satu barang bawaan berkendara.

4. Tidak mengucek mata

Saat mengalami mata kering, akan muncul rasa gatal, dan mengganjal. Usahakan untuk tidak mengucek mata untuk mencegah kerusakan pada mata yang lebih parah. Sebab, debu masuk ke mata akan menyebabkan kornea tergores.

Jika sangat ingin untuk mengucek mata, sebaiknya letakkan kain yang lembab di atas mata hingga rasa gatal dan sensasi lainnya mereda.

5. Istirahat

Berkendara dalam waktu yang panjang dapat menyebabkan mata menjadi lelah dan kering. Jika sedang dalam perjalanan panjang, pastikan untuk mengambil waktu istirahat agar mata kembali segar.

Jika mengalami mata merasakan sakit berkepanjangan segeralah berkonsultasi langsung dengan dokter.



(SUR)