Timnas Indonesia Menang 3-0 vs Burundi, Berikut Fakta Negara Tersebut

ilustrasii- negara Burundi. Foto: Tirto.id ilustrasii- negara Burundi. Foto: Tirto.id

Tim Nasional (Timnas) Indonesia mampu menaklukkan Burundi dengan skor telak 3-1 dalam laga uji coba. Pertandingan ini digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, pada Sabtu, 25 Maret 2023. 

Namun, banyak masyarakat penasaran dengan kehadiran Burundi yang masih asing di telinga tersebut. Mulai dari dimana negara berada hingga kualitas sepakbola dan peringkatnya di FIFA . 

Dimana letak Burundi?

Burundi adalah salah satu negara di Afrika bagian tengah yang memiliki beberapa fakta menarik. Negara ini termasuk negara termiskin di dunia, dengan sekitar 82,1% penduduknya hidup dengan uang sebesar US$1,25 atau setara dengan Rp17.500 per hari.

Negara ini memiliki dua ibu kota, yaitu Bujumbura dan Gitega. 

Peringkat FIFA

Berdasarkan update peringkat FIFA per Desember 2022, Tim yang berjuluk Les Hirondelles atau The Swallows (Burung Walet itu nyatanya memiliki peringkat di atas Indonesia. Burundi berada di posisi 141, sedangkan Indonesia 151.

Burundi pernah menduduki peringkat 96 FIFA pada 1993. Catatan tertinggi Burundi pada 3 dekade lalu ini masih di atas rekor peringkat Indonesia yang berada di posisi 98.



(FPR)