4 Tanaman Sayur Paling Mudah Ditanam di Rumah

Ilustrasi: Freepik Ilustrasi: Freepik

Jakarta: Tak sedikit orang mulai melakukan metode urban farming dengan menanam aneka tanaman sayuran di pekarangan rumah. Selain menjadi hobi dan mengisi waktu luang di tengah pandemi, menanam sayur menjadi upaya menghemat pengeluaran belanja untuk konsumsi sehari-sehari.

Menanam sayur bisa dilakukan di tanah ataupun dengan hidroponik. Jika ingin memulai gaya hidup baru ini, Anda perlu mengetahui jenis-jenis sayur mana yang paling mudah ditanam dari biji.

Dilansir dari Medcom.id, berikut empat tanaman sayur paling mudah ditanam di pekarangan rumah:

1. Selada

Ini merupakan salah satu dari sedikit tanaman yang dapat ditanam sepanjang tahun. Namun, dalam cuaca panas, tanaman ini harus dinaungi dan dipanen dalam ukuran yang lebih kecil. Pertumbuhan selada melambat di tempat teduh.

Daun selada dapat dipotong saat tumbuh, dan dapat menikmati beberapa panen dari tanaman yang sama hanya dengan memotong apa yang kamu butuhkan setiap kali.

2. Mentimun

Siapkan mentimun terlebih dulu, ubah tanah dengan pupuk tinggi nitrogen dan kalium untuk mendukung hasil tanaman yang besar. Jika memungkinkan, tanam mentimun di bawah sinar matahari di samping pagar.

Pagar akan berfungsi sebagai dukungan untuk memanjat dan bertindak sebagai tempat berlindung. Atau tanam di dekat jagung. Jagung akan menjebak panas yang diinginkan mentimun dan juga berfungsi sebagai penahan angin.

Baca: Jangan Khawatir! Ini 6 Tips Mudah Merawat Tanaman saat Ditinggal Mudik

3. Kale

Kale yang sangat bergizi dan kuat dapat tumbuh di berbagai suhu. Itu bisa dipanen pada berbagai tahap, dan kuncup serta bunganya juga bisa dimakan! Hal baik lainnya tentang kangkung adalah ia hanya menjadi lebih manis setelah terkena beberapa embun beku.

Cobalah kale yang dipanggang, digoreng, atau dikukus. Nikmati dalam salad, smoothie, omelet, casserole, atau di mana pun Anda menggunakan kangkung.

4. Bayam

Bayam dapat tumbuh subur pada tempat yang teduh dan berada di bawah sinar matahari. Tak hanya itu saja, bahkan bayam bisa ditanam dalam ruangan yang dekat ambang jendela. Apabila anda tanam bayam dalam pot, maka sebaiknya anda menggunakan pot dengan ukuran berkisar 6-8 inci.



(UWA)

Berita Terkait