Pakar Ungkap Faktor Covid-19 Dapat Menginfeksi Tubuh

ilustrasi/Medcom.id ilustrasi/Medcom.id
Dadali: Ahli Genetika dan Bioteknologi Molekuler, Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Institut Teknologi Bandung (SITH-ITB), Ernawati Arifin Giri-Rachman mengungkapkan sejumlah faktor covid-19 dapat menginfeksi tubuh. Salah satunya, jenis dan sifat virus yang infeksius.

"Faktornya tidak tunggal seseorang dapat terinfeksi covid-19, ada beberapa. Faktor utamanya adalah virus itu sendiri," kata Ernawati dalam diskusi secara daring, Sabtu, 13 Maret 2021.

Faktor lainnya, imunitas tubuh yang melemah. Menurut Erna, jumlah virus dan bakteri, selain covid-19, hidup di sekitar lingkungan dan dalam tubuh manusia. Tubuh dapat melawan kedua penyebab penyakit itu karena adanya sistem kekebalan tubuh.

"Kalau kita lihat tubuh kita sendiri, tubuh kita bukan streril sifatnya, banyak sekali mikroba dalam tubuh kita. Tubuh kita bisa menghadapi karena ada respon imun dalam tubuh," beber dia.
 
Selain itu, jumlah kasus aktif yang masih banyak di lingkungan juga menyebabkan seseorang dapat terinfeksi covid-19. "Ketiga faktor itu akan bekerja sama, sehingga kita yang terinfeksi bisa sakit covid-19," kata Erna.

Erna pun mengimbau masyarakat memperkuat sistem imunitas tubuh dengan menjaga pola makan sehat, berolahraga, mengikuti program vaksinasi pemerintah. Serta, mematuhi protokol kesehatan 5M, mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

"Dengan cara itu, kita mereduksi jumlah virus yang akan masuk ke dalam tubuh kita. Sehingga, tubuh kita akan lebih kuat mengatasi hal tersebut," kata dia. 

(CIA)

Berita Terkait