Usai Salat Idulfitri, TPU Rangga Sirna Bandung Dibanjiri Peziarah

Ilustrasi sejumlah warga berziarah di TPU Menteng Pulo, Jakarta, Kamis, 13 Mei 2021. MI/Andri Widiyanto Ilustrasi sejumlah warga berziarah di TPU Menteng Pulo, Jakarta, Kamis, 13 Mei 2021. MI/Andri Widiyanto

Dadali: Tempat pemakaman umum (TPU) Rangga Sirna, Kabupaten Bandung, dibanjiri peziarah usai pelaksanaan salat Idulfitri 2021. Tak hanya dari wilayah setempat, ternyata peziarah juga datang dari berbagai daerah, meliputi Kota Bandung, Kota Cimahi, dan Bandung Barat.

Kenapa TPU dipenuhi peziarah hari ini? Hal ini dikarenakan ziarah kubur merupakan salah satu tradisi umum yang dilakukan setelah menunaikan salat Idulfitri. Sayangnya, peziarah yang memadati TPU tersebut banyak yang terlihat tidak memakai masker. Bahkan, warga juga saling berkontak erat dengan bersalam-salaman tanpa memerhatikan protokol kesehatan.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah melarang masyarakat untuk bersilaturahmi ke tetangga seusai Salat Idul Fitri. 

"Ini terjadi hampir setiap tahun. Sebelum pandemi, pengunjung TPU membludak. Tapi meski pandemi, pengunjung juga masih banyak," kata petugas pemakaman Didi, seperti dilansir dari Mediaindonesia.com.

Membludaknya TPU Rangga Sirna menyebabkan kemacetan di beberapa titik akrena banyak peziarah yang keluar masuk area pemakaman dari berbagai daerah. (Saifal)
 



(SYI)

Berita Terkait