Jawa Barat Ingin Benahi Tata Ruang Desa untuk Genjot Ekonomi

Ilustrasi pembenahan tata ruang (Foto: Shutterstock) Ilustrasi pembenahan tata ruang (Foto: Shutterstock)

Dadali: Desa memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang melimpah. Keberagaman aset-aset asli desa juga harus dikembangkan, karena potensi wisatanya pun juga besar. Tentunya, hal ini bisa meningkatkan ekonomi perdesaan ke depannya.

Sayangnya, pengaturan tata ruang desa pada dasarnya belum ada pengaturan khususnya. Penataan ruang desa perlu dipertimbangkan dan mendapat perhatian yang serius dari pemerintah.

Menyadari hal itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat, Bambang Tirto Yuliono, mengatakan pihaknya berharap setiap desa di wilayahnya memiliki grand design penataan desa yang di dalamnya terdapat aspek tata ruang. Ia menilai pembangunan yang dilakukan berdasarkan desain tata ruang akan berdampak terhadap optimalisasi ekonomi.

“Pembangunan desa harus diintervensi, harus ada tata ruang desa,” tegasnya di Bandung pada Rabu, 6 Januari 2021.

Karena belum ada yang mengatur tentang tata ruang desa, masih banyak pembangunan desa yang tidak terkonsep. Sehingga pembangunan yang dilakukan cenderung tidak tertata dan tidak sesuai dengan peruntukan lahan serta potensi yang ada.

“Jadi berbicara pemanfaatan tata ruang desa itu sudah terencana. Kita akan mengubah struktur ruang, harus dikomunikasikan, dikaji, dan diterapkan sesuai desain tata ruang,” ucapnya.

Dalam grand design, penataan desa akan membenahi mulai dari tata batas desa, tata ruang, pengelolaan sumber daya alam, hingga aspek sosial. Saat ini, pihaknya sudah menginisiasi penyusunan grand design penataan desa di 40 lokasi yang tersebar di Jabar.

“Kita buat 40 uji coba (piloting) yang diharapkan bisa ditiru oleh desa-desa lain. Desa harus konsisten dalam melaksanakan pembangunan berbasis tata ruang. Bicara tata ruang, ya (itu tugas) rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) Desa,” ujarnya.

Pihaknya akan terus mengawal penyusunan grand design penataan desa di daerah lainnya. Ia berharap hal ini bisa menjadi acuan bagi pemerintah dalam menyusun tata ruang dan wilayah tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional.

Semoga cita-cita Pemerintah Provinsi Jawa Barat ini dalam menata desa bisa terealisasikan dengan baik ya teman-teman! Tentunya, kita perlu mengapresiasi dan mendukung langkah yang diambil oleh DPMD Jabar ini..



(SYI)