Capai Target WHO, Vaksinasi Indonesia Tembus 200 Juta Lebih Dosis

Ilustrasi Vaksin/Medcom.id Ilustrasi Vaksin/Medcom.id

Dadali:  Vaksinasi covid-19 di Indonesia tercatat mencapai 200 juta dosis lebih. Hal tersebut merupakan capaian baik dalam pengendalian pandemi covid-19.
 
“Per 5 November 2021, Indonesia sudah mencatat 204.913.735 suntikan dosis yang diberikan kepada lebih dari setengah sasaran vaksinasinya,” kata juru bicara pemerintah untuk covid-19, Reisa Broto Asmoro, dilansir Medcom.id, Minggu, 7 November 2021.
 
Jumlah suntikan vaksin tersebut termasuk dari program Vaksinasi Gotong Royong yang sudah mencapai 2,2 juta suntikan per 5 November 2021. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), program vaksinasi sudah mencapai sekitar 40 persen untuk kategori dosis lengkap dan 60 persen untuk dosis pertama.

Baca juga: Kemenkes Sebut Vaksinasi Covid-19 Berjalan Sesuai Target

"Tekad WHO (Badan Kesehatan Dunia) adalah memvaksinasi, minimal  dosis pertama, sekurang-kurangnya 40 persen warga di setiap negara di dunia di akhir tahun ini, dan 70 persen di tahun depan,” jelas Reisa.
 
Pencapaian tersebut berarti bahwa Indonesia telah melewati target yang telah ditetapkan oleh WHO. Indonesia masuk ke dalam lima negara dengan jumlah suntikan tertinggi bersama India, Amerika Serikat, Brazil, dan Jepang.
 
“Kita semua punya peran yang kita sumbangkan tanpa terkecuali," ujarnya.



(NAI)