Kasus Covid-19 Bertambah, Puluhan Sekolah di Bandung Terpaksa Jalani PJJ

Ilustrasi Medcom.id. Ilustrasi Medcom.id.

Dadali: Jumlah sekolah yang terpaksa harus kembali menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ) di Kota Bandung, Jawa Barat, bertambah. Pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di sekolah-sekolah tersebut terpaksa disetop lantaran sejumlah siswa dan guru dinyatakan positif covid-19.
 
"Sekolah yang ditutup sekarang jumlahnya 22, naik dari sebelumnya yang hanya 14 sekolah. Di 33 sekolah lainnya, penghentian PTM hanya satu kelas rombongan belajar sedangkan di 40 sekolah lainnya tidak ada kasus covid-19," kata Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik) Kota Bandung, Cucu Sahputra, seperti dilansir dari Medcom.id, Rabu, 27 Oktober 2021.
 
Ia menyatakan, dari 5.993 sampel tes usap di lingkungan sekolah di Kota Bandung, hasilnya 3 persen positif terpapar covid-19. Sebanyak 117 orang, terdiri dari 103 siswa dan 14 guru, dinyatakan positif covid-19.

Baca: Menkes: Daerah Punya Stok 53 Juta Dosis Vaksin

Sementara itu, tes swab secara acak baru dilaksanakan di 157 sekolah. Namun, capaian itu masih jauh dari target swab acak sebanyak 212 sekolah se-Kota Bandung.

"Saat ini sekolah yang ditutup sementara harus kembali menggelar PJJ. Selama penutupan, PTM terbatas tak boleh dilakukan dengan alasan apa pun. Jika ada yang melanggar, sekolahnya diberhentikan," tegasnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat (Jabar), Dedi Supandi mengatakan pemerintah akan terus memastikan kesehatan dan keselamatan peserta didik yang tengah melaksanakan PTM terbatas.

 "Saat ini yang harus dilakukan bukan hanya kesehatan dan keselamatan siswa saat berada di lingkungan sekolah, tapi kita juga harus memastikan keselamatan dan kesehatan siswa di antara rumah ke sekolah ataupun saat pulang ke rumah," jelasnya.

Kasus covid-19 yang mengakibatkan puluhan sekolah di Kota Bandung kembali melaksanakan PJJ menjadi sebuah pelajaran dan evaluasi. Bahwa adanya kasus positif covid-19 tersebut berasal dari klaster keluarga.



(RAO)

Berita Terkait