Kebun Binatang Bandung Lakukan Persiapan Sebelum Dibuka Lagi

Kebun Binatang Bandung (Istimewa) Kebun Binatang Bandung (Istimewa)

Dadali: Meskipun Kota Bandung, Jawa Barat, telah berstatus pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3, pengelola Kebun Binatang Bandung belum mau membuka objek wisata itu. Pihak pengelola masih melakukan banyak persiapan, termasuk dalam hal aplikasi Peduli Lindungi.

"Kami masih banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum buka. Kami juga harus lakukan pembersihan dan perawatan karena tutup dalam waktu cukup lama," jelas Marketing Communication Kebun Binatang Bandung, Sulhan Syafii.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari, menyampaikan terdapat tempat wisata lain yang diberi izin untuk kembali buka. Di antaranya Saung Angklung Udjo, Kiara Arta Park, Karangsetra, dan Trans Studio Mal (TSM).

"Yang jelas pengunjung yang hendak berwisata minimal harus lakukan vaksin dosis pertama. Persyaratan itu harus sudah wajib di setiap objek wisata. Pengelola objek wisata harus lebih ketat utamanya dalam protokol kesehatan. Harus ada aplikasi Peduli Lindungi yang dipasang di pintu masuk dan keluar," ujarnya.
 
Baca juga: Ribuan Ternak Babi di Sikka Mati Akibat Wabah ASF

Pelonggaran objek wisata di Kota Bandung diatur dalam Perwal Nomor 84 Tahun 2021.  Kapasitas pengunjung sebesar 25 persen dan jam operasional mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB.
 
Berdasarkan data dari pusat covid-19 Kota Bandung, kasus aktif kini berjumlah di bawah 500 orang per Senin, 13 September 2021. Kondisi ini menunjukkan tren yang mulai melandai.
 
"Meskipun ada penambahan kasus, namun per hari tidak sampai lebih dari puluhan orang yang positif," terang Kenny, seperti dilansir dari Medcom.id, Rabu, 15 September 2021.

Gencarnya vaksinasi yang dilakukan Kota Bandung menjadi salah satu faktor melandainya penyebaran covid-19. 

"Sejauh ini, beragam upaya kami lakukan berbuah hasil. Angka warga yang terkonfirmasi positif cenderung melandai. Di saat yang sama, kami berupaya juga pulihkan kehidupan ekonomi, pendidikan, dan sektor kehidupan lainnya," kata Wali Kota Bandung, Oded M Danial. (Media Indonesia)
 



(RAO)

Berita Terkait