Wali Kota Depok Imbau Warga Ambil Daging Kurban dengan Wadah Sendiri

Arsip Foto. Warga mewadahi daging kurban menggunakan besek beralas daun untuk mengurangi sampah plastik pada Hari Raya Idul Adha. (ANTARA FOTO/SYAIFUL ARIF) Arsip Foto. Warga mewadahi daging kurban menggunakan besek beralas daun untuk mengurangi sampah plastik pada Hari Raya Idul Adha. (ANTARA FOTO/SYAIFUL ARIF)

Depok: Wali Kota Depok Mohammad Idris mengimbau panitia kurban tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai untuk membagikan daging hewan kurban. Wadah dapat diganti dengan daun pisang, daun jati, besek, atau wadah yang bisa digunakan ulang lainnya.

“Kami mengimbau masyarakat untuk membawa wadah sendiri, yang dapat dipakai ulang, untuk mewadahi daging kurban," demikian dikutip dari Antaranews.com, Jumat, 8 Juli 2022. 

Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat, mengeluarkan surat edaran terkait pelaksanaan Hari Raya Iduladha tanpa plastik. Pemkot meminta para lurah dan camat untuk menyampaikan surat edaran tersebut kepada masyarakat setempat. 

Baca: Ingin Melaksanakan Kurban? Ini Tata Cara Berkurban Sesuai Syariat Islam

Adapun dalam surat edaran disebutkan, panitia pelaksanaan ibadah Iduladha harus menyediakan tempat sampah terpilah serta alat pengumpul sampah terpilah di lokasi salat dan pembagian daging kurban. Panitia harus mengumpulkan dan mengangkut sampah ke tempat pemrosesan.

Pihak panitia juga diminta memastikan protokol kesehatan diterapkan dengan baik selama pelaksanaan shalat, penyembelihan hewan kurban, dan pembagian daging kurban. Demi mencegah penularan covid-19.



(UWA)

Berita Terkait