Bisa Dicoba! Ini 5 Cara Diet saat Puasa

Bulan puasa kerap dijadikan waktu yang tepat untuk menurunkan berat badan. Foto: Halodoc Bulan puasa kerap dijadikan waktu yang tepat untuk menurunkan berat badan. Foto: Halodoc

Selama bulan puasa, umat Islam tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman selama kurang lebih 14 jam. Alhasil, bulan puasa kerap dijadikan waktu yang tepat untuk menurunkan berat badan.

Menjalani diet ketika berpuasa memang bisa saja dilakukan. Namun, kamu perlu strategi yang tepat agar program diet kamu membuahkan hasil.

Cara diet yang salah justru akan membuat berat badan naik, bahkan berujung membahayakan kesehatan tubuh. Supaya tidak terjadi hal seperti ini, berikut beberapa tips diet selama puasa yang bisa dicoba.

1.     Tetap sahur

Tidak sedikit orang menganggap bahwa melewatkan sahur bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, pandangan seperti itu justru salah. Karena melewatkan sahur ketika sedang diet justru bisa membuat kamu jadi lebih kelaparan dari biasanya. Akibatnya, kamu jadi makan lebih banyak saat waktu berbuka.

Maka dari itu, kamu dianjurkan untuk tetap melakukan sahur. Perbanyaklah menu sehat, seperti buah dan sayuran. Utamakan makanan yang mengandung serat dan protein dibandingkan makanan berkalori tinggi. Dengan begitu, kamu jadi tidak mudah lapar dan memiliki energi yang cukup untuk menjalani aktivitas sepanjang hari.

2.     Batasi makanan dan minuman manis

Kadar gula darah manusia cenderung turun ketika menjalani puasa. Oleh karena itu, asupan gula tetap dibutuhkan ketika berbuka puasa untuk mengembalikan energi. Namun, pastikan asupan gula tidak berlebihan. Terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang manis justru akan membuat berat badan naik. Jadi, pilihlah makanan berkarbohidrat kompleks untuk menambah energi setelah berpuasa, seperti buah, sayur, dan nasi merah.

3.     Hindari gorengan

Selain membatasi asupan gula, kamu juga perlu mengurangi makanan berlemak, seperti gorengan. Karena gorengan mengandung lemak jenuh yang bisa menambah berat badan kamu. Tidak hanya itu, mengonsumsi gorengan terlalu banyak juga bisa meningkatkan kadar kolesterol. Maka dari itu, lebih baik kamu tidak mengonsumsi gorengan ketika sedang menjalani diet. Kamu dianjurkan untuk mendapatkan lemak baik dari kacang-kacangan, sayuran. alpukat, dan ikan.

4.     Tetap berolahraga

Banyak orang cenderung malas berolahraga pada bulan puasa. Karena aktivitas berat dinilai bisa menimbulkan rasa lelah, haus, hingga lapar. Padahal, berolahraga secara rutin memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Olahraga ketika berpuasa juga bisa membantu membakar kalori dan menurunkan berat badan.

Namun, kamu harus memilih jenis olahraga yang tepat agar tidak kelelahan. Pilihlah olahraga dengan tingkat intensitas rendah hingga sedang, seperti jalan kaki, yoga, atau bersepeda santai.

5.     Penuhi asupan cairan tubuh

Salah satu cara untuk menjaga berat badan ideal selama puasa adalah memastikan tubuh tetap terhidrasi. Pastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi selama waktu berbuka hingga sahur. Jangan minum air terlalu banyak dalam satu waktu. 

Selama puasa, kamu dapat membuat jadwal minum dengan menerapkan aturan 2-4-2. Artinya, 2 gelas saat sahur, 4 gelas ketika berbuka, dan 2 gelas sebelum tidur atau menjelang sahur. Selain itu, hindari juga minuman yang mengandung kafein karena bisa menyebabkan dehidrasi.



(UWA)