Wali Kota Bogor Optimis Gedung Perpustakaan Kota Bogor Rampung November

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto (tengah) saat meninjau pembangunan Gedung Perpustakaan kota di Jalan Kapten Muslihat, Selasa (26/7/2022). (ANTARA/Linna Susanti) Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto (tengah) saat meninjau pembangunan Gedung Perpustakaan kota di Jalan Kapten Muslihat, Selasa (26/7/2022). (ANTARA/Linna Susanti)

Dadali: Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, meninjau pembangunan gedung Perpustakaan Kota Bogor di Jalan Kapten Muslihat pada Selasa, 26 Juli 2022. Ia optimistis pembangunan tahap akhir, yakni bagian interior, rampung sesuai target pada November ini.

Bima mengatakan proyek ini merupakan salah satu program prioritas yang ditargetkan selesai tepat waktu. Sudut demi sudut dicek olehnya. Ia juga didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kota Bogor, Agung Prihanto, beserta kontraktor. 

Bima melihat sejauh ini progres pembangungan lancar sesuai rencana. 

"Progresnya sudah 28 persen. Defiasi positifnya 17 persen. Jadi, lebih cepat pekerjaannya. Sebagian besar persentase pengerjaan ada di furnitur atau interior. Sejauh ini on the track," kata Bima, dikutip dari Antara, Rabu, 27 Juli 2022.

Pembangunan Perpustakaan Kota Bogor dilakukan dengan merevitalisasi eks gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat. Proyek ini memakan anggaran Rp13,6 miliar pada tahap pertama dan Rp10 miliar pada tahap kedua. 

Jika lancar, perpustakaan ini dapat dinikmati untuk umum mulai 18 November 2022. Bima pun meminta Diskarpus untuk terus menambah koleksi buku agar lebih beragam sambil menunggu peluncuran. 

Bima berharap perpustakaan ini bisa diisi berbagai kegiatan positif dari berbagai kalangan, khususnya bisa meningkatkan literasi anak-anak muda Kota Bogor. 

"Secara umum baik, selanjutnya bagaimana menghidupkan perpustakaan ini dengan berbagai kegiatan. Di sini nanti akan diadakan berbagai kegiatan. Ada anak-anak, kajian, diskusi, peluncuran atau bedah buku, dan lain sebagainya."

Selain menyediakan buku bacaan, akan diadakan beragam fasilitas menarik, mulai dari galeri, ruang baca anak, playground, ruang baca ramah disabilitas, museum sejarah Kota Bogor, coffee shoprooftop, dan meeting room. Akan ada juga auditorium yang bisa dimanfaatkan untuk memutar film, diskusi, atau kegiatan lain. 



(SUR)

Berita Terkait