BRIN Bubuhkan 'KTP' bagi 5.000 Pohon di Kebun Raya Bogor

Kepala Konservasi PT MRN Junaedi saat menunjukkan KTP Pohon tanaman Meksiko Kebun Raya Bogor, Rabu (6/10/2021). (ANTARA/Linna Susanti) Kepala Konservasi PT MRN Junaedi saat menunjukkan KTP Pohon tanaman Meksiko Kebun Raya Bogor, Rabu (6/10/2021). (ANTARA/Linna Susanti)

Dadali: Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bekerja sama dengan PT Mitra Natura Raya (MNR) melakukan inovasi dalam memberikan identitas tanaman. Ya, BRIN memberikan identitas atau serupa kartu tanda penduduk (KTP) untuk 5.000 pohon di Kebun Raya Bogor.

Kepala Konservasi MNR Junaedi mengatakan pemberian nama pohon yang terkoneksi langsung dengan website Kebun Raya Bogor secara digital menggunakan QR barcode itu ditargetkan berkembang hingga 15.000 pohon. Dengan adanya KTP pohon itu pengunjung diharapkan bisa mengakses informasi mulai dari nama tanaman, jenis, famili, hingga manfaat tanaman.
 
“Ribuan KTP pohon digagas agar memudahkan pengunjung mengetahui informasi pohon yang dilihat, itu datanya bukan kami, tapi dari BRIN, kami yang menyediakan inovasinya,” kata Junaedi, dikutip dari Medcom.id, Kamis, 7 Oktober 2021.

Junaedi menuturkan dalam melakukan identifikasi tanaman tersebut, MNR dibantu oleh lima peneliti yang akhirnya menghasilkan inovasi KTP pohon.
 
Dibandingkan dengan cara sebelumnya yang hanya ditulis menggunakan cat di dalam papan nama. KTP pohon terbagi atas beberapa warna seperti merah untuk tanaman berasal dari daerah panas, biru untuk jenis tanaman air, dan warna putih untuk jenis tanaman daerah lembab.



(NAI)