Mengancam Privasi, Apa Itu WhatsApp GB? Ini Penjelasan dan Risikonya

Ilustrasi WhatsApp/Sumber Pexels Ilustrasi WhatsApp/Sumber Pexels

Dadali: Seperti yang kita tahu WhatsApp (WA) merupakan aplikasi sejuta umat. Cara penggunaannya yang simpel menjadi favorit masyarakat Indonesia sebagai sarana berkomunikasi. Namun, belakangan perbincangan mengenai WhatsApp kembali hangat.

Banyak netizen yang membicarakan mengenai varian lain dari WhatsApp yakni WhatsApp GB. Lantas apa itu WhatsApp GB, dihimpun dari berbagai sumber berikut informasinya.

Apa itu WA GB

WhatsApp GB sendiri merupakan aplikasi modifikasi dari WhatsApp atau lebih dikenal dengan WhatsApp Mod. Aplikasi ini dikembangkan oleh developer pihak ketiga dan bukan berasal dari keluarga besar Facebook atau Whatsapp inc.

Diketahui, beberapa fitur yang jadi favorit dari WA GB adalah mengubah tema dan ikon, menghilangkan status "sedang mengetik", menghilangkan centang dua, membaca pesan yang sudah dihapus, mengganti gaya huruf, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, hal lainnya yang ditawarkan WhatsApp GB yang menjadi andalan adalah tetap dapat melihat status WhatsApp yang sudah dihapus oleh pembuat dan mengunduh status yang muncul di WhatsApp tanpa harus melakukan tangkapan layar.

Risiko privasi

Ternyata, dari keunggulan fitur tersebut menggunakan WA GB juga berisiko untuk keamanan data pribadi Anda. Hal ini dikarenakan aplikasi tidak berasal dari sumber yang bisa dipercaya dan juga ada kemungkinan disusupi virus dan malware.

Selain itu, pihak WhatsApp juga memperingatkan jika menggunakan WA GB akun WhatsApp Anda berpotensi diblokir secara permanen oleh pihak WhatsApp.

Bukan hanya berbahaya untuk pengguna, jika ada kerabat Anda yang menggunakan WA GB, juga menjadi masalah privasi untuk kita tersendiri, sebab terdapat fitur unggulannya yang dapat melihat postingan yang sudah dihapus maupun sudah kita blokir.

Baca juga:  Jangan Diklik, Siber Polri Minta Masyarakat Mewaspadai Pesan dari WhatsApp



(NAI)