Amankah Putih Telur Dijadikan Masker Alami? Simak 4 Fakta Ini

Ilustrasi Masker Putih Telur/ Sumber: Mommyasia.id Ilustrasi Masker Putih Telur/ Sumber: Mommyasia.id

Dadali:  Seiring tren perawatan kulit wajah kian diminati masyarakat di Indonesia, ternyata belakangan muncul tren masker alami menggunakan putih telur. Walau diyakini memiliki manfaat, namun bukan berarti masker alami tidak memiliki bahaya lho.

Banyak yang meyakini jika menggunakan masker berbahan putih telur akan mengencangkan kulit, mengangkat sel kulit mati, menghilangkan komedo putih, mengurangi garis halus di wajah, hingga mencegah jerawat. Namun, tetap saja manfaat masker putih telur untuk wajah tersebut tidak sebanding dengan efek samping.

Terlebih, apabila penggunaannya dilakukan dengan tidak aman. Dihimpun dari berbagai sumber berikut efek samping masker putih telur untuk wajah:

1. Alergi dan jerawat
Salah satu efek samping yang terjadi jika kamu memakai masker putih adalah timbulnya jerawat dan mengakibatkan alergi pada kulit.

Gejala awal kulit akan mengalami kemerahan yang terus menerus sehingga munculah permasalahan kulit seperti jerawat. Khususnya buat kamu pemilik kulit sensitif, sebaiknya menghindari pemakaian masker putih telur.

Baca juga: Dijamin Halal! Ini 4 Bahan Kecantikan Alami dalam Ajaran Islam

2. Mengandung bakteri salmonella
Harus Anda ketahui jika dalam sebutir telur mengandung bakteri salmonella. Ada baiknya untuk mencuci telur sampai bersih, alasannya pada kulit telur mengandung bakteri salmonella yang dikhawatirkan masuk ke dalam masker dan mengakibatkan kulit menjadi ruam dan gatal pada kulit.

3. Aroma amis tidak sedap
Saat Anda menggunakan putih telur sebagai masker wajah, potensi tetesan putih telur dapat berisiko jatuh ke lantai rumah atau perabotan rumah lainnya. Hal ini berisiko meninggalkan bau amis yang tidak sedap.

4. Iritasi kulit
Jika Anda mengalami kulit gatal, kemerahan, atau muncul benjolan ringan setelah mengoleskan masker putih telur untuk wajah, sebaiknya segera bilas wajah sampai bersih dan hentikan penggunaannya.

Sebab, tanda-tanda tersebut menunjukkan bahwa Anda mengalami iritasi kulit akibat masker putih telur.

Nah, itulah beberapa efek samping dari penggunaan masker putih telur. Harus Anda ketahui sampai saat ini keamanan dan efektivitas masker putih telur untuk wajah sejatinya belum terbukti secara ilmiah.

Maka dari itu bijaklah dalam mengikuti tren, cermati dan pastikan karakteristik kulit Anda. Semoga bermanfaat.



(NAI)