2.132 Tempat Duduk Ditambahkan KAI Bandung, Berikut Rutenya

Situasi ruang tunggu penumpang kereta api di Stasiun Bandung, Jawa Barat. (ANTARA/HO KAI Daop 2 Bandung) Situasi ruang tunggu penumpang kereta api di Stasiun Bandung, Jawa Barat. (ANTARA/HO KAI Daop 2 Bandung)

Bandung: PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung telah menambah 2.132 tempat duduk. Upaya ini untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) .

Wakil Presiden Eksekutif Daop 2 Bandung, Takdir Santoso, menyatakan penambahan tempat duduk dilakukan akibat penambahan kereta api. Kereta api tambahan tersebut akan beroperasi mulai dari 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

"Kereta api tambahan pada periode angkutan Natal dan Tahun Baru ini, kami sediakan agar pelanggan lebih leluasa dalam memilih jadwal keberangkatan dari jauh-jauh hari," kata Takdir dilansir dari Antaranews.com pada Rabu, 6 Desember 2023

Takdir menjelaskan bahwa tiket kereta tambahan ini sudah dapat dipesan sejak Rabu, 22 November 2023 melalui Access by KAI, situs web kai.id dan seluruh kanal penjualan daring resmi lainnya. 

Takdir juga mengatakan kereta tambahan tersebut tersedia untuk perjalanan relasi favorit seperti  Bandung-Solo Balapan, Bandung-Gambir, dan Kiaracondong-Surabaya Gubeng. Keberadaan kereta tambahan ini mencerminkan kesiapan KAI dalam menyediakan sarana transportasi untuk pelanggan yang ingin bepergian selama musim Nataru.

Berikut daftar kereta tambahan Daop 2 pada masa Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, diantaranya

1. KA Lodaya tambahan relasi Bandung-Solo Balapan dengan keberangkatan pukul 10.15 dan tiba pukul 19.24 WIB, 
2. KA Lodaya tambahan relasi Bandung-Solo Balapan dengan keberangkatan pukul 21.20 dan tiba pukul 06.30 WIB
3. Argo Parahyangan tambahan relasi Bandung-Gambir dengan keberangkatan pukul 19.45 dan tiba pukul 22.41 WIB.

Untuk keberangkatan dari Stasiun Kiaracondong, terdapat KA tambahan KAC-SGU relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng dengan keberangkatan pukul 09.00 dan tiba pukul 22.41 WIB.

Informasi terbaru menyebutkan bahwa penjualan tiket kereta api reguler untuk periode Nataru, dari tanggal 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024 di Daop 2, telah mencapai 51.446 tiket, atau 20 persen dari total tiket yang tersedia sebanyak 252.552 buah. Tiket ini mencakup perjalanan dengan kereta api seperti KA Kahuripan relasi Kiaracondong-Blitar PP dan KA Lodaya relasi Bandung-SoloBalapan PP.

Manajer Humas Daop 2 Bandung, Ayep Hanapi, menyampaikan harapannya agar masyarakat dapat segera memesan tiket dari jauh-jauh hari karena masih tersedia cukup banyak tiket KA untuk masa libur Nataru.



(SUR)

Berita Terkait