DPRD Bogor Dorong Pemerintah Kembangkan SDM Demi Kuasai Iptek

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto

Dadali: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mendorong pemerintah setempat mengembangkan sumber daya manusia (SDM). Hal itu bertujuan agar SDM menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang mumpuni.

"Masa depan Indonesia akan sangat ditentukan oleh sumber daya manusia yang memiliki nilai budaya, memahami, dan menguasai mekanisme pengembangan serta penerapan iptek," kata Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto, dilansir dari Antara, Rabu, 10 November 2021.

Apalagi, kata dia, sektor pendidikan memegang peran penting dalam mencetak SDM yang sesuai dengan kebutuhan zaman. Maka dari itu, ia meminta Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor berupaya adaptif terhadap perkembangan iptek.

"Pendidikan kita harus bisa menjangkau kebutuhan SDM di masa yang akan datang. Tidak kalah penting adalah juga memegang nilai-nilai luhur kebudayaan yang menjadi jati diri bangsa kita," sambung dia.

Untuk mewujudkan hal tersebut, dinas pendidikan harus menggaet banyak pihak. Peranan akademisi di lembaga vertikal maupun horizontal, sektor dunia industri, praktisi kebudayaan, dan peranan masyarakat yang concern dalam pembangunan SDM sangat diperlukan.

Selain itu Rudy juga mengingatkan, era digital memiliki ruang yang terbuka lebar dan cepat dalam berbagai aspek kehidupan. Terutama, masuknya budaya luar yang dapat memengaruhi budaya lokal.

"Karena itu kita harus mewariskan kebudayaan kita sendiri, bangga dengan kebudayaan yang dimiliki dan menjadikan nilai-nilai luhur kebudayaan kita sebagai bagian dari jati diri bangsa," ujar dia.

Rudy meminta pemerintah membuka ruang komunikasi untuk menampung berbagai masukkan. Selain itu perlu memadukan ide dan gagasan, serta strategi dan aksi nyata untuk mencapai tujuan tersebut.

"Intinya kita juga harus bersinergi dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas," kata Rudy.



(RAO)