Resmi, Indonesia Bangun Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Pertama di Karawang

Presiden Joko Widodo dalam acara Groundbreaking Pabrik Indusrtri Kendaraan Listrik. Youtube Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo dalam acara Groundbreaking Pabrik Indusrtri Kendaraan Listrik. Youtube Sekretariat Presiden

Dadali:  Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pada pembangunan industri pabrik baterai kendaraan listrik di Karawang, Jawa Barat. Pabrik tersebut menjadi yang pertama di Indonesia.
 
"Pembangunan pabrik ini wujud keseriusan pemerintah melakukan hilirisasi industri," kata Jokowi dalam acara Groundbreaking Pabrik Industri Kendaraan Listrik, yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 15 September 2021.
 
Melansir Medcom.id, Jokowi yakin dengan adanya industri pabrik baterai kendaraan listrik, akan meningkatkan daya tarik Indonesia sebagai negara tujuan investasi. Terutama dalam investasi motor listrik, mobil listrik, dan bus listrik.

Baca juga: Jokowi Berharap Indonesia Bersaing di Industri Ramah Lingkungan

"Pemerintah Indonesia berkomitmen penuh dukungan dan pegembangan ekositem industri baterai dan kendaraan listrik," tutur Jokowi.
 
Pemerintah juga terus menggulirkan reformasi struktural. Hal itu untuk memberikan kepastian hukum dan kemudahan perizinan kepada pelaku usaha dan investor mengembangkan usaha di Indonesia.
 
"Saya berharap kolaborasi antara perusahaan Korea Selatan dengan perusahaan Indonesia bisa semakin diperkuat, termasuk realisasi kerja sama investasi dalam industri baterai dan dan mobil listrik," ujar Jokowi.

Memiliki nilai Rp15,68 triliun, pabrik milik PT HKML Battery Indonesia tidak hanya menjadi yang pertama di Tanah Air, namun juga menjadi yang pertama di Asia Tenggara.



(NAI)