Waspada! Jabodetabek Berpotensi Hujan Lebat Sepekan ke Depan

Ilustrasi. Medcom.id Ilustrasi. Medcom.id
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menganalisis masih adanya potensi signifikan cuaca ekstrem untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Khususnya, dalam sepekan ke depan.
 
Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengatakan, potensi cuaca sepekan ke depan periode 24-28 Februari 2023, hujan dengan intensitas sedang-lebat cukup merata di sebagian besar wilayah Jabodetabek. 
 
"Dalam sepekan ke depan, potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah Jabodetabek, yang memungkinkan potensi timbulnya genangan di sebagian wilayah Jabodetabek. Kejadian hujan signifikan umumnya dapat terjadi pada waktu dini hari menjelang pagi dan siang menjelang sore hari," kata Guswanto, dikutip dari Medcom.id, Jumat, 24 Februari 2023.

Guswanto menyampaikan, perkembangan dinamika atmosfer saat ini menunjukkan potensi aktivitas gelombang atmosfer dan Madden Jullian Oscillation (MJO) yang tidak signifikan pengaruhnya untuk wilayah jabodetabek.

"Namun Monsun Asia menunjukkan aktivitas signifikan dengan merujuk indeks surge dan indeks CENS (Cross Equatorial Northerly Surge) atau arus lintas ekuatorial yang saat ini cukup signifikan dan berpotensi masih signifikan hingga sepekan ke depan," katanya.

Guswanto menerangkan, adanya seruakan dingin dari Asia yang disertai CENS dapat berdampak secara tidak langsung pada peningkatan curah hujan di sekitar wilayah Indonesia. Terutama, di wilayah Indonesia bagian Barat, termasuk Jabodetabek.

"Selain itu, adanya sirkulasi di sebelah barat daya Lampung, juga mendukung terbentuknya pertemuan massa udara atau konvergensi di sepanjang pesisir barat Sumatera dan Pulau Jawa, sehingga berpengaruh pula terhadap peningkatan curah hujan di wilayah Jabodetabek," ujarnya.

(SUR)