Lima Makanan Ini Bisa Meningkatkan Penglihatan

Salmon, salah satu jenis ikan untuk meningkatkan penglihatan. Foto: Pexels Salmon, salah satu jenis ikan untuk meningkatkan penglihatan. Foto: Pexels

Penglihatan yang lemah dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti stres, paparan layar yang terus menerus, usia tua, kurang tidur dan sebagainya. Pola makan yang buruk dikaitkan dengan kehilangan penglihatan untuk orang dewasa yang lebih tua.

Sebenarnya, ada banyak cara untuk melindungi mata, salah satunya mengistirahatkannya dari berbagai kegiatan yang melibatkan alat elektronik. Selain itu, makan makanan yang seimbang dan sehat dapat membantu menjaga kesehatan mata, meningkatkan penglihatan, dan membantu mengurangi risiko terkena penyakit yang berhubungan dengan mata.

Melansir Medcom, berikut adalah makanan-makanan yang mengandung berbagai vitamin, nutrisi, dan mineral untuk kesehatan mata kamu.

1. Ikan

Ikan kaya akan lemak Omega-3, yaitu lemak sehat yang berkontribusi pada penglihatan yang sehat. Seperti dikutip dari Times of India, makan ikan dapat membantu mencegah mata kering dan menjaga kesehatan retina (di bagian belakang mata). Jadi, dengan mengonsumsi Ikan, terutama salmon, kamu bisa mendapatkan penglihatan yang bagus.
 

2. Bayam

Bayam adalah sayuran berdaun hijau yang kaya antioksidan lutein dan zeaxanthin. Nutrisi ini dapat membantu mencegah kondisi mata yang serius. Menurut badan kesehatan, lutein dan zeaxanthin tidak dibuat dalam tubuh, sehingga kamu harus mengonsumsinya melalui makanan.

Di dalam bayam juga terkandung  vitamin B6, C dan K, asam folat, zat besi, kalsium, sulfur dan klorofil, vitamin C yang berguna mencegah penyakit glaukoma.

3. Telur

Telur memiliki nutrisi penting untuk mata, seperti vitamin A, lutein, zeaxanthin, dan seng. Vitamin A melindungi kornea, yang merupakan permukaan mata.

Lutein dan zeaxanthin menurunkan risiko terkena masalah mata yang serius. Seng juga berkontribusi pada kesehatan retina dan membantu mata melihat di malam hari.

4. Wortel

Ini merupakan makanan sehat lainnya untuk mata. Wortel dapat membawa sumber vitamin A dan beta karoten yang luar biasa dan meningkatkan kesehatan mata. 

Vitamin A dan beta karoten membantu melindungi permukaan mata dan mencegah infeksi mata dan kondisi mata serius lainnya. Sertakan wortel dalam salad harian, sup, dan hidangan lainnya.
 

5. Kacang almond

Jenis kacang-kacangan ini sangat bagus untuk kesehatan mata. Kacang almond kaya dengan vitamin E, yang membantu menjaga mata dari molekul tidak stabil yang menargetkan jaringan sehat. 

Mengonsumsi vitamin E dalam jumlah teratur dapat membantu melindungi mata dari degenerasi makula terkait usia serta katarak. Kamu juga bisa menikmati kacang almond sebagai camilan. 

Pastikan tidak mengonsumsi terlalu banyak almond dalam satu hari karena itu bisa sama dengan terlalu banyak kolesterol.



(SUR)