Prakiraan Cuaca Jabar 3 Maret 2021: Waspada Hujan Lebat Disertai Petir

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Dadali: Perpaduan musim hujan dan fenomena La Nina yang kini sedang melanda Indonesia, dapat memicu hujan lebat disertai petir dan angin kencang di seluruh wilayah. Beberapa bencana hidrometeorologi pun mulai terjadi di beberapa daerah akibat fenomena tersebut, di antaranya banjir, longsor, angin puyuh, dan sebagainya.

Masyarakat diharap untuk lebih waspada dalam mengamati hal tersebut. Salah satunya dengan mengecek prakiraan cuaca di daerahnya masing-masing. 

Khusus wilayah Jawa Barat, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengunggah prakiraan cuaca pada Rabu, 3 Maret 2021 di akun Twitter BMKG Bandung. Pagi hari ini, umumnya cuaca berpotensi berawan hingga hujan ringan di Jawa Barat, tetapi berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Bekasi, Kota Bekasi, Karawang, Kota Depok, Purwakarta, Subang, Bandung selatan, Garut selatan, dan Pangandaran.

Kemudian, pada siang sampai sore hari, cuaca berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Jabar. Sedangkan, untuk wilayah Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Subang, Sukabumi, Cianjur, Bandung Barat, Kota Bandung, Kota Cimahi, Sumedang, Kota Cirebon, Cirebon, Majalengka, Garut, Kota Tasikmalaya, Tasikmalaya, Ciamis, Kota Banjar, dan Kuningan berpotensi hujan sedang hingga lebat.

Pada malam hari, cuaca diprediksi berawan hingga hujan ringan. Namun, untuk wilayah Bogor, Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Majalengka, Kuningan, Ciamis, Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Cirebon, Kota Cirebon, Kota Banjar, dan Pangandaran berpotensi hujan ringan hingga sedang.

Pada dini hari, umumnya berpotensi berawan hingga hujan ringan, tetapi diprediksi hujan ringan hingga sedang di wilayah Karawang, Indramayu, Cirebon, dan Kota Cirebon.

Suhu udara di wilayah Jabar bagian utara berkisar dari 22 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembapan udara 60-98 persen. Sedangkan, suhu udara di wilayah Jabar bagian selatan berkisar dari 17 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembapan udara 60-98 persen. Angin di Jabar berembus dari Barat Daya hingga Barat Laut dengan kecepatan 5-35 kilometer per jam. 

BMKG Bandung juga memberikan peringatan dini untuk mewaspadai adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang saat menjelang siang hingga malam hari di wilayah Kota Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Subang, Sukabumi, Cianjur, Bandung Barat, Kota Bandung, Kota Cimahi, Sumedang, Kota Cirebon, Cirebon, Majalengka, Garut, Kota Tasikmalaya, Tasikmalaya, Ciamis, Kota Banjar, dan Kuningan.

Selalu waspada dan siap siaga selama musim hujan ini ya! Bagi yang rumahnya berada di kemiringan lebih dari 30 derajat atau rawan longsor harus lebih hati-hati ketika hujan lebat. Kalian juga harus hindari berada di bawah pohon untuk mengantisipasi pohon yang mudah tumbang di saat hujan disertai angin kencang. 
 



(SYI)

Berita Terkait