Siang Ini, Jawa Barat Bakal Diguyur Hujan Sedang

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Dadali: Bencana hidrometeorologi, seperti banjir, longsor, hingga angin puting beliung bisa terjadi kapan saja. Secara umum, bencana tersebut tak hanya terjadi saat musim hujan, tetapi juga bisa terjadi di musim kemarau.

Masyarakat diharap untuk lebih waspada dalam mengamati hal tersebut. Salah satunya dengan mengecek prakiraan cuaca di daerahnya masing-masing. 

Khusus wilayah Jawa Barat, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengunggah prakiraan cuaca untuk Jumat, 18 Juni 2021 di akun Twitter @BMKGBandung. Pagi ini, cuaca di Jawa Barat secara umum cerah berawan.

Pada siang sampai sore hari, secara umum cuaca di Jabar berpotensi hujan sedang. Tetapi, berpotensi hujan ringan di wilayah Parigi, Cikarang, Ciamis, dan  Banjar.

Kemudian, pada malam hari Jabar diramal bakal hujan ringan. Sedangkan pada dini hari, secara umum cuaca di wilayah tersebut cerah berawan.

Suhu udara di wilayah Jabar berkisar dari 17 sampai 30 derajat Celcius dengan kelembapan udara 75-95 persen. Angin di Jabar berembus dari Barat Daya hingga Barat Laut dengan kecepatan 10-20 kilometer per jam. 

BMKG Bandung memberikan peringatan dini untuk mewaspadai adanya potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang/sore hingga menjelang malam hari di wilayah Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, dan Kabupaten Pangandaran.

Cuaca serupa juga terjadi pada dini hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Subang, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten  Bekasi.

Selalu waspada dan siap siaga di mana pun kalian berada ya! Bagi yang rumahnya berada di kemiringan lebih dari 30 derajat atau rawan longsor harus lebih hati-hati ketika hujan lebat. Kalian juga harus hindari berada di bawah pohon untuk mengantisipasi pohon yang mudah tumbang di saat hujan disertai angin kencang. 



(SYI)

Berita Terkait