Liburan ke Bandung, Yuk Mampir ke Kampung Wisata Kreatif Cigadung

Sumber: Instagram @disbudpar.bdg Sumber: Instagram @disbudpar.bdg

Dadali: Wali Kota Bandung, Oded M Danial, meresmikan secara langsung Kampung Wisata Kreatif Cigadung di Kantor Kecamatan Cibeunying Kaler, Selasa, 24 November 2020. Peresmian kampung wisata ini tertuang dalam Keputusan Wali Kota Bandung Nomor 556/Kep.953-DISBUDPAR/2020, 20 Oktober 2020.

Sebelumnya, Kampung Wisata Kreatif Braga juga telah diresmikan. Kabar baiknya, masih ada enam kampung wisata lagi yang menyusul akan dibangun oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Hal ini melanjuti dari janji politik Oded saat kampanye dahulu.

“Rencana kita buat delapan kampung wisata dan sekarang baru ada dua. Kalau di sana (Braga) cagar budaya. Di sini, wisata kreatif. Di Cigadung ini lebih banyak kuliner, fesyen. Ada banyak batik bagus,” kata Oded di Kampung Wisata Cigadung, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa, 24 November 2020, seperti dilansir dari ANTARA.

Masyarakat di Kelurahan Cigadung memiliki inisiatif untuk menggali potensi daerahnya secara mandiri. Pengembangan potensi tersebut akhirnya melahirkan Kampung Wisata Kreatif Cigadung. Semua itu dapat terealisasikan berkat usaha masyarakat, tokoh masyarakat, kelompok penggerak wisata yang menggandeng kewilayahan, yakni kelurahan dan kecamatan untuk membangun kampung tersebut.

Atas dasar tersebut, Kampung Wisata Kreatif Cigadung ini memiliki konsep pariwisata berbasis masyarakat (community based tourism). Terdapat kurang lebih 69 potensi wisata dan destinasi yang terdiri dari sektor fesyen, kerajinan, kuliner, akomodasi penginapan, dan seni budaya di sana.

Masyarakat Cigadung memang sangat kreatif. Mereka membuat Jalur Wisata Satu Hari di mana para wisatawan nantinya diarahkan ke berbagai macam kegiatan wisata melalui satu jalur.

Kegiatan pertama yang akan ditemui pada Jalur Wisata Satu Hari adalah Batik Komar. Batik Komar mengambil konsep membatik sembari menikmati sajian kopi. Setelahnya, wisatawan akan diarahkan ke Rumah Budaya Rosid yang memperlihatkan lukisan dan artefak budaya sambal menikmati kudapan khas sunda.

Terakhir, wisatawan akan disajikan dengan pertunjukan wayang golek/kecapi suling, tempat belanja fesyen etnik dan makan siang khas sunda. Apabila kalian masih ingin menikmati suasana di Kelurahan Cigadung ini, jangan khawatir, terdapat pilihan penginapan di sana.

 

 

Tercatat sebanyak 10 tempat asal Kelurahan Cigadung yang ikut meramaikan acara peresmian Kampung Wisata Kreatif Cigadung, di antaranya Saung Cepot, Saung Kasep, Wale, Batik Hasan, Batik Komar, Batik Cigadung, Studio Rosid, Kuliner Cigadung, Komunitas Koran, dan Gajua Teh.

Informasi dari Kota Bandung ini merupakan kabar yang sangat menggembirakan bukan? Tak hanya warga Bandung saja yang bisa menikmati, kalian yang dari luar daerah pun bisa berkunjung ke tempat wisata ini kapan saja.

Semoga dengan adanya Kampung Wisata Kreatif Cigadung ini, masyarakat di sana bisa semakin semangat untuk menggali potensi daerahnya dan harapan besarnya bisa menarik para wisatawan mancanegara.

Jadi, kapan nih kalian mau liburan ke Bandung?



(SYI)